Polisi: Rekonstruksi Penembakan Aipda Sukardi untuk Perjelas Profil Pelaku

- detikNews
Rabu, 25 Sep 2013 15:40 WIB
Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi penembakan Aipda (Anumerta) Sukardi di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, semalam. Rekonstruksi dilakukan untuk mendapatkan kejelasan mengenai profil pelaku penembakan.

"Kita juga ingin tahu bagaimana penembakan itu terjadi. Di situ nanti akan mendapatkan gambaran pelaku dan profilnya dari gerak-geriknya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Dalam rekonstruksi itu, ada 15 adegan yang direka ulang oleh 10 orang. Dalam rekonstruksi itu, direka adegan demi adegan mulai dari Sukardi mengawal 6 truk hingga tertembak di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel.

"Lakukan reka ulang bagaimana proses pencegatan, dan bagaimana proses penembakan yang terjadi pertama, kedua sampai ke empat hingga pelaku lari," jelas Rikwanto.

Rekonstruksi dilakukan di lokasi kejadian pada Selasa (24/9) malam dengan melibatkan tim dari Direktorat Resrkrimum Polda Metro Jaya dan Mabes Polri serta Labfor Polri. Rekonstruksi dilakukan dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian bersenjata laras panjang.

Rikwanto menjelaskan, rekonstruksi dilakukan dari hasil pemeriksaan saksi-saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian dan juga dari hasil analisa CCTV.

(mei/rmd)