Pelaku Penembakan Aipda Sukardi Gunakan Pistol Pabrikan

- detikNews
Senin, 16 Sep 2013 15:03 WIB
Jakarta - Kepolisian telah melakukan uji balistik terhadap anak peluru dan selongsong yang ditemukan di lokasi penembakan Aipda (Anumerta) Sukardi di depan KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel. Dari hasil uji balistik diketahui bahwa pelaku menggunakan senjata api jenis pistol pabrikan.

"Senjatanya jenisnya pistol pabrikan, tetapi kalau mereknya apa belum diketahui," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Jaya, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Sementara peluru yang digunakan pelaku penembakan adalah kaliber 45 milimeter. Sekadar untuk diketahui, peluru kaliber 45 milimeter, biasanya digunakan untuk senjata jenis FN, Browning dan Baretta.

Rikwanto melanjutkan, terkait senjata pabrikan tersebut diperoleh dari mana, ia sendiri belum bisa memastikannya. "Dari sisa-sisa konflik kan bisa saja," imbuhnya.

Seperti diketahui, Sukardi tewas dengan 4 luka tembak di bagian perut, dada, lengan kiri dan bahu. Ia tewas ditembak saat mengawal 6 unit truk dari Plumpang, Jakarta Utara ke Rasuna Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2013).

Saat melintasi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, motor yang ditumpangi Sukardi dihadang 2 motor yang ditumpangi 3 pelaku. Dua pelaku turun dari motor, salah satunya mengarahkan senjata api ke Sukardi. Sukardi pun diberondong tembakan oleh pelaku hingga roboh.

(mei/ndr)