DetikNews
Selasa 27 Agustus 2013, 17:24 WIB

BLSM Tahap II Dicairkan September, Rp 4, 7 T Disiapkan

- detikNews
BLSM Tahap II Dicairkan September, Rp 4, 7 T Disiapkan
Jakarta - Pemerintah akan kembali mengucurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap II pada bulan September mendatang. Pemerintah telah menyiapkan Rp 4,7 triliun untuk BLSM bagi masyarakat tersebut

\\\"Pencarian tahap dua pada 1 September mendatang,\\\" ujar Menkokesra Agung Laksono di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (27\/8\/2013).

Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 4,7 triliun yang akan dibagikan kepada masyarakat. Bersamaan dengan BLSM, pemerintah juga akan menggolontorkan dana insrastruktur pedesaaan. Agung menyebutkan, pada tahap pertama pembagian BSLM, dana yang terserap sebanyak 93 persen.

\\\"Ada 7 persen yang diretur. Ada sebagian dana untuk Papua dan Papua Barat akan dilakukan secara sekaligus ditahap dua nanti,\\\" terangnya.

7 Persen yang diretur tersebut jika diakumulasikan berjumlah 26 ribu KK. Masyarakat yang tidak mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dapat menggunakan Surat Keterangan Rumah Tangga Miskin (SKRTM).

\\\"Yang diretur itu akan dikembalikan ke rumah tangga lain. Itu dilaksanakan oleh musyawarah desa dan musyawarah kelurahan,\\\" kata Agung.

Dari evaluasi pembagian BLSM tahap pertama, maka ke depan diperlukan kehati-hatian dalam pendistribusian KPS. \\\"Tahun lalu kan kartu dulu baru uangnya. Sekarangkan langsung uangnya,\\\" ucapnya.

Tidak ada penambahan penerima ataupun pengurangan penerima BLSM. Hal itu dikarenakan DPR hanya menyutujui 15.5 juta rumah tangga yang akan menerima BLSM.




(fiq/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed