Poster di Deklarasi Relawan Jokowi: Kepenak Jamanku, Aku Ra Ngapusi

- detikNews
Minggu, 07 Jul 2013 15:06 WIB
Foto: Angling Adhitya P/detikcom
Kendal - Dua poster nampang di lokasi deklarasi 'Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) 2014'. Isinya sedikit provokatif, tapi juga lucu. Menggelitik.

Satu poster bertuliskan KepeUeenak jamanku sesok le. Ak ra' ngapusi. Artinya, 'Enak masaku besok. Aku tidak berbohong'. Di atas tulisan terpasang foto atraktif Jokowi yang berbatik cokelat dengan pose tengah menyapa.

Di atas foto Jokowi tertulis 'Barisan Relawan Jokowi Presiden RI 2014-2019'. Sedangkan di bawahnya tertulis 'Bara JP Jateng'.

Desain satu poster lainnya nyaris sama. Beda di isi tulisan. 'Piye kabare bro. Mengko sesok apik lan kepenak pas Jamanku', demikian isi tulisan itu. Artinya, 'Apa kabar Bro? Nanti-nanti pasti lebih baik dan lebih enak masaku'. Ada foto Jokowi juga di poster ini. Posenya menyapa dengan angle (sudut pandang) berbeda dibanding foto poster satunya.

Dua poster itu mewarnai deklarasi Bara JP Jateng di Hotel Gading Asri, Jl Raya Kaligading KM 3 Boja, Kendal, Jateng, Minggu (7/7/2013). 100-an orang hadir dalam acara ini. Salah satunya aktor kawakan Roy Marten.

2 Poster di deklarasi relawan Jokowi mengingatkan orang pada 'iklan politik' yang mencomot foto presiden kedua RI, Suharto, semasa hidup. Ada tulisan Piye kabare? Isih kepenak jamanku to' (Apa kabar? Masih lebih enak masaku kan?). Di sejumlah tempat, foto dan tulisan ini dijadikan kampanye politik.
(try/van)