Golkar Bantah Deal Politik dengan Demokrat Soal \'Pasal Lapindo\'

ADVERTISEMENT

Golkar Bantah Deal Politik dengan Demokrat Soal 'Pasal Lapindo'

- detikNews
Rabu, 19 Jun 2013 18:12 WIB
Ketum Golkar Aburizal Bakrie
Jakarta - Golkar menepis tudingan ada deal politik dengan Partai Demokrat (PD) terkait 'pasal Lapindo' di APBN-P 2013. Dana yang dianggarkan di APBN-P disebut tak ada kaitannya dengan Lapindo.

"Memang ramai diberitakan seolah dana APBN diberikan pemerintah untuk Lapindo. Ini tidak benar, dana itu untuk korban di luar peta terdampak yang memang tanggung jawab pemerintah," kata Wasekjen Golkar, Tantowi Yahya, saat dihubungi, Rabu (19/6/2013).

Tantowi menerangkan, sesuai peraturan presiden, korban lumpur Sidoarjo di luar peta terdampak ditanggung oleh pemerintah, yang di dalam peta terdampak dibantu Lapindo. Saat ini Lapindo sudah membantu lebih dari Rp 9 Triliun.

"Sisanya tinggal sedikit, akan diselesaikan tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya, politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengaitkan dukungan Partai Golkar terhadap pengesahan APBN-P 2013 dengan keberadaan pasal Lapindo. Jika tidak ada pasal Lapindo, menurut Hendrawan,bisa saja Golkar menolak APBN-P 2013 yang diajukan pemerintah.

"Kita bisa menyampaikan dugaan. Tapi korelasinya pasti ada," kata anggota Komisi VI dari Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

"Golkar partai kuat, Golkar punya jaringan yang kuat. Itu sebabnya pemerintah mengabaikan partai yang lain, partai kecil seperti PKS. Golkar tidak berkeringat, tapi dapat jatah yang lebih besar," imbuhnya.

(trq/van)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT