SBY: Semangat 4 Pilar Taufiq Tak Surut Meski Sedang Sakit

- detikNews
Minggu, 09 Jun 2013 12:06 WIB
Jakarta - Presiden SBY memimpin upacara pemakaman Ketua MPR Taufiq Kiemas. Dalam pidatonya, Presiden SBY menyinggung soal kegigihan Taufiq Kiemas dalam mensosialisasikan 4 pilar bangsa.

"Semangat sosialisasi 4 pilar bangsa yang tidak pernah surut bahkan ketika kesehatannya menurun sekalipun," ujar Presiden SBY dalam pidatonya di TMP Kalibata, Minggu (9/6/2013).

SBY mengatakan Taufiq Kiemas adalah seorang sosok putra terbaik bangsa, politisi terkemuka dan tokoh konsiliator. SBY meminta para hadirin untuk memberikan penghormatan terakhir melalui upacara kenegaraan ini.

"Upacara ini sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah, atas dhama bakti almarhum dalam pengabdian semasa hidupnya," imbuhnya.

Taufiq Kiemas juga dinilai sebagai suami yang setia terhadap istrinya Megawati dalam kondisi apapun. Mulai dari Megawati sebagai ketua umum PDIP, wakil presiden hingga Presiden kelima Indonesia.

"Marilah kita memberi penghormatan yang tinggi atas darma bhakti kepada almarhum. Saya ingin mengajak bangsa Indonesia untuk mendoakan almarhum agar diterima di sisi Allah SWT, sesuai pengabdian kepada bangsa. Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan, Ibu Mega semoga senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan, menerima kepergiaan almarhum dengan sabar dan tawakal," imbaunya.


(mpr/mad)