ADVERTISEMENT

Kendali Arah Bandara Soetta Rusak, Jadwal Penerbangan Tertunda

- detikNews
Sabtu, 25 Mei 2013 08:40 WIB
Pekanbaru - Seluruh jadwal berbagai maskapai penerbangan di Bandara Soetta Jakarta mengalami keterlambatan. Diduga, penyebabnya adanya gangguan pada kendali penunjuk arah untuk pesawat.

Demikian disampaikan anggota DPRD Riau Andika M Noer dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (25/5/2013) di Pekanbaru. Andika mengatakan dia mendapat informasi itu dari pilot pesawat Garuda.

Andika menuturkan pada Jumat (24/5) kemarin dia terbang dari Jakarta ke Pekanbaru. Seharusnya dia berangkat pukul 18.30 WIB, namun ditunda hingga pukul 23.20 WIB. Dia pun baru tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru Sabtu (25/5) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

"Saya sempat ngobrol dengan seorang pilot Garuda di Bandara Soetta. Dari dia kami ketahui bahwa adanya gangguan central arah pesawat. Karena itu mengalami keterlambatan," kata Andika.

Masih menurut Andika, pilot Garuda menyebutkan, jika central arah pesawat mengalami gangguan, maka pilot bisa kehilangan arah tidak tahu harus ke mana mendarat atau akan terbang.

"Mendapat penjelasan itu, akhirnya kita maklumi. Artinya keterlambatan bukan pada pesawat, namun dari pihak bandara," kata Andika.

Pun demikian, katanya, tadi malam sempat terjadi keributan di bandara Soetta. Banyak penumpang yang protes karena mengalami keterlambatan lebih dari tiga jam.

"Akhirnya tadi malam, Garuda memberikan kompensasi uang Rp300 ribu atas keterlambatan itu. Uang itu dalam bentuk voucher yang bisa dicairkan ke Bank Mandiri," kata Andika.

Central Kendali Arah Bandara Soeta Rusak, Jadwal Penerbangan Tertunda

(cha/trq)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT