detikNews
Jumat 10 Mei 2013, 15:28 WIB

Hakim Agung Nyak Pha akan Pensiun, Bagaimana Nasib Kasus Pemalsuan Vonis?

- detikNews
Hakim Agung Nyak Pha akan Pensiun, Bagaimana Nasib Kasus Pemalsuan Vonis? Hakim Nyak Pha (ist.)
Jakarta - Salah satu terlapor pemalsuan vonis gembong narkoba Hengky Gunawan, hakim agung Hakim Nyak Pha akan pensiun pada 25 Mei 2013 mendatang. Bagaimana penyelesaian kasus yang sudah menyeret hakim agung lainnya?

Menurut catatan detikcom, Jumat (10\/5\/2013), Nyak Pha merupakan hakim non karir kelahiran Aceh 25 Mei 1943. Hingga saat ini, dari 3 hakim agung yang mengadili Henky, hanya Ahmad Yamani yang sudah terbukti memalsu vonis, dari 15 tahun menjadi 12 tahun.

Adapun ketua majelis Imron Anwari dan hakim agung Pembaca II Nyak Pha, dinyatakan tidak terlibat. Namun Ketua MA Hatta Ali sendiri sudah siap untuk membuka kembali kasus tersebut jika ditemukan bukti baru.

\\\"Keduanya (Imron dan Nyak Pha-red) tidak terlibat. Kalau ada temuan baru dari masyarakat, silakan saja (diungkap),\\\" kata Ketua MA Hatta Ali akhir pekan lalu usai peluncuran Majalah MA.

Hakim Ahmad Yamani telah diberhentikan secara tidak hormat pada sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) pada 11 Desember 2012 lalu. Yamani menjadi hakim agung pertama dalam sejarah peradilan di Indonesia dipecat karena skandal pemalsuan. Usai MKH, Yamani menghilang bak ditelan bumi.




(asp/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com