detikNews
Selasa 23 April 2013, 06:15 WIB

Irjen Djoko, Jenderal Polisi Aktif Pertama yang Diseret ke Pengadilan Tipikor

- detikNews
Irjen Djoko, Jenderal Polisi Aktif Pertama yang Diseret ke Pengadilan Tipikor
Jakarta - Setelah penetapan sebagai tersangka dan penahanan, Irjen Djoko Susilo mantan Kakorlantas Polri akan menjalani sidang perdananya pada Selasa hari ini. Sidang ini merupakan tonggak sejarah: Irjen Djoko merupakan jenderal polri aktif pertama yang diseret ke persidangan tipikor.

Irjen Djoko akan menghadapi dakwaan kasus korupsi Simulator SIM dan pencucian uang yang akan dibacakan jaksa KPK pada Selasa (23/4/2013). Kabarnya, kasus pencucian uang Djoko akan mencakup banyak sekali aset karena KPK memburu aset yang perolehannya sejak 2001.

Sebagai catatan, Djoko merupakan jenderal aktif pertama yang ditetapkan KPK sebagai tersangka. Sebelumnya KPK pernah menjerat mantan Kapolri Rusdihardjo, namun dia dijerat ketika telah lengser dari jabatannya.

Rusdihardjo juga dijerat perkara korupsi yangt tidak berkaitan dengan kepolisian. Jenderal bintang empat ini terseret kasus korupsi saat dia menjabat sebagai Dubes Malaysia, posisi barunya setelah tak lagi memimpin Trunojoyo.

Sebelum tersandung kasus Simulator SIM, Djoko terbilang memiliki karir yang lumayan moncer di Polri. Akpol angkatan 1984 ini memulai karier cemerlangnya sebagai Kapolres Jakarta Utara. Kariernya terus menanjak menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya. Kemudian menduduki jabatan Dirlantas Polri hingga menjadi Gubernur Akpol.

Djoko dikenal sebagai polisi yang pandai bergaul, termasuk dengan para senior. Djoko juga selalu membantu bila ada kegiatan kepolisian. Tak heran dia menjadi salah satu \'bintang\' di kepolisian. Bahkan dia pun cukup dekat dengan sejumlah wartawan.

Hingga akhirnya kemudian, saat dia menjabat Korlantas Mabes Polri, Djoko tersandung kasus simulator SIM. KPK menduga ada dugaan penggelembungan anggaran dalam pengadaan simulator roda dua dan roda empat tahun anggaran 2011.





(fjr/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com