ADVERTISEMENT

Canda Jokowi Soal Blusukan Tengok Korban Banjir: Saya Superman Banjir!

- detikNews
Kamis, 17 Jan 2013 03:01 WIB
Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) tak tinggal diam saat warganya menjadi korban banjir. Seakan tak kenal lelah, Mantan Wali Kota Solo itu berkeliling mengunjungi korban banjir di wilayah Jakarta. Tidak capek Pak Jokowi?

"Nanti seluruh dunia saya tengok yang banjir, Saya Superman banjir, hahaha... " kata Jokowi bercanda.

Hal itu dia sampaikan menanggapi pertanyaan wartawan mengenai kegiatannya menengok korban banjir. Jokowi menyampaikan hal tersebut di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (16/1/2013) malam.

Jokowi menuturkan, dalam pertemuannya dengan Wapres Boediono Rabu (16/1) kemarin siang, telah meminta pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi program penanggulangan banjir.

"Saya minta ke Pak Wapres agar semuanya dipercepat, Waduk Ciawi dipercepat, kemudian normalisasi sungai juga dipercepat, sumur juga ditambah. Karena kami hanya kebagian non teknisnya, pembebasan lahannya. Mengenai teknisnya itu kan bagiannya Kementerian PU," ujarnya.

Suami Iriana itu juga mengatakan berbagai proyek untuk menanggulangi banjir di Jakarta akan segera dimulai pasca banjir surut. Jokowi akan memusatkan upaya penanggulangan banjir dengan normalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta.

"Pasca banjir nanti dilihatlah, nanti pengerukan-pengerukan sungai akan segera kita mulai. Semua sungai, pengerukan nanti dengan sistem dredging, tidak dikeruk tapi disedot. Dan kedua akan kita minta dukungan dari Kodam, Kopassus, Marinir dan semua untuk membersihkan sungai dalam rangka agar sedimen tidak terlalu banyak di sungai maupun saluran," tuturnya.

(trq/trq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT