Kasus Aceng, Kapolres: Kalau Garut Rusuh, Kita Tahu Siapa Dalangnya

ADVERTISEMENT

Kasus Aceng, Kapolres: Kalau Garut Rusuh, Kita Tahu Siapa Dalangnya

- detikNews
Rabu, 12 Des 2012 17:51 WIB
Jakarta - Pengacara Bupati Garut Aceng Fikri, Eggi Sudjana, memberi peringatan potensi rusuh bila kliennya dilengserkan. Aceng memiliki basis massa besar di Garut. Tapi, soal peringatan Eggi itu, Kapolres Garut AKBP Umar S Fana tak risau.

"Kalau benar-benar rusuh kan kita sudah tahu siapa dadernya atau penganjurnya," kata Umar saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2012).

Umar menjelaskan, pihaknya tetap melakukan antisipasi. Pihak kepolisian melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat agar Garut tetap kondusif.

"Kalau antisipasi dari Polres, kita tetap mengupayakan tindakan-tindakan preventif pendekatan ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda biar bersama-sama dengan aparat hukum yang ada di Garut, menjaga situasi Garut tetap kondusif. Karena saya yakin orang Garut tidak menghendaki terjadinya kerusuhan di Garut," jelasnya.

Bupati Garut Aceng Fikri (40) mengingatkan kalangan DPRD Garut soal rencana pelengseran dirinya lewat Pansus. Pengacara Aceng, Eggi Sudjana, memperingatkan adanya bahaya kerusuhan dari pendukung Aceng yang tidak terima akan keputusan itu.

"Maka, pasti diduga akan terjadi kerusuhan," jelas Eggi saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2011).

Eks aktivis HMI ini mengaku, dirinya merapat ke Aceng guna mencegah kerusuhan di Garut. Sebagai orang Sunda, Eggi tak ingin di Garut terjadi aksi kekerasan. Eggi juga bukan mengancam, hanya memberi peringatan.

"Aceng punya basis massa sendiri, jangan sampai terjadi kerusuhan di Garut," jelasnya.

(ndr/nrl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT