DetikNews
Selasa 11 Desember 2012, 14:05 WIB

Komnas HAM: Polisi Aktor Terbanyak yang Dilaporkan Masyarakat

- detikNews
Komnas HAM: Polisi Aktor Terbanyak yang Dilaporkan Masyarakat
Jakarta - Komnas HAM merilis polisi merupakan aktor terbanyak yang dilaporkan oleh masyarakat. Meski begitu, belum tentu polisi merupakan pelanggar HAM utama.

\\\"Polisi aktor terbanyak yang dilaporkan oleh masyarakat. Tapi belum tentu polisi pelanggar HAM paling utama,\\\" ujar Ketua Komnas HAM, Otto Nur Abdullah.

Otto mengatakan itu dalam jumpa pers di ruang rapat pleno Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11\/12\/2012).

Menurut Otto, pelanggaran yang banyak dilakukan oleh pihak kepolisian terkait masalah penahanan, penangkapan, diskriminasi, penembakan, dan pemeriksaan. \\\"Itu yang membuat polisi menjadi aktor utama,\\\" katanya.

Otto menambahkan, masalah yang belakangan ini sering terjadi di Indonesia seperti pelanggaran HAM terhadap wartawan. Menurut Otto, hingga kini pihaknya masih menindaklanjuti masalah itu.

\\\"Akan kita tindak lanjuti dan kita fasilitasi kalau membutuhkan proteksi,\\\" tutur Otto yang mengenakan kemeja putih itu.

Komnas HAM juga mencatat, sepanjang 2012 ada 5 kategori pelanggaran HAM yang banyak diterima laporannya oleh Komnas HAM.

Pertama, soal toleransi. Hal itu menunjukkan kohesi sosial bangsa yang berkembang rapuh.

\\\"Contohnya seperti di Lampung, pada waktu pilkada dan permasalahan di Sampang. Kohesi sosial bisa berbasis agama, kecemburuan sosial, etnis dan sebagainya,\\\" ucap Otto.

Kedua, soal bisnis dan HAM. Ada 1.009 pengaduan dan angka pengaduan paling banyak mengenai korporasi. Ketiga, impunitas, pengaduan ini berkaitan dengan kasus-kasus masa lalu.

\\\"Seperti kasus tahun 1965 dan petrus, pembunuhan misterius,\\\" tuturnya.

Keempat, konflik agrari dan kelima tentang masalah penyiksaan.





(nik/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed