Kasus Century, Dosen UGM: Boediono Hanya Korban

ADVERTISEMENT

Kasus Century, Dosen UGM: Boediono Hanya Korban

- detikNews
Sabtu, 24 Nov 2012 13:46 WIB
Jakarta - Wapres Boediono kerap disebut sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam kasus bailout Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Namun Dosen Ekonomi UGM Denny Purbasari memiliki pandangan berbeda. Menurutnya Boediono hanya korban.

"Saya menilai penjelasan beliau untuk bailout bank Century bagi ekonom 100 persen memang seperti logika ilmu Ekonomi. Keputusan tersebut diambil dalam situasi yang amat kritis, maka saya kira hal itu cukup tepat," kata Denny dalam diskusi Sindo Radio Efek Domino Century Boediono di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/11/2012).

Menurut Denny, kebijakan yang diambil Boediono sebagai Gubernur BI saat itu dengan memberikan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) sudah tepat. Apalagi keputusan yang diambil saat itu didasarkan pada keinginan untuk menyelamatkan negara.

"Selama keputusan itu dibuat atas motif untuk menyelamatkan negara dan bangsa saya kira sah-sah saja, bagi saya beliau cuma korban," ujarnya.

Mengenai penyelesaian kasus Century yang kini dibawa ke ranah politik dengan usulan hak menyatakan pendapat (HMP), Denny tak setuju. Menurut dia lebih baik penyelesaian kasus tersebut tetap diserahkan ke KPK.

"Kalau Pak Boediono tidak bersalah, katakan tidak bersalah dan selesaikan secara hukum, jauh lebih baik daripada secara politik. Kembalikan kepada proses hukum jangan biarkan mengambang seperti ini. Posisi Pak Boediono itu seperti jadi korban," pungkasnya.


(trq/ndr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT