MPR Senang Soekarno-Hatta Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

- detikNews
Rabu, 07 Nov 2012 04:11 WIB
Jakarta - Wakil Ketua MPR, Melani Leimena Suharli mengapresi pemerintah atas pemberian anugerah pahlawan nasional kepada Soekarno dan Mohammad Hatta. Bagi Melani pemberian gelar pahlawan nasional penting sebagai tanda penghormatan atas jasa keduanya.

"Kita senang dan kita apresiasi pemerintah karena telah memberikan gelar pahlawan nasional," kata Melani kepada detikcom, Selasa (6/11/2012) malam.

Melani menjelaskan, MPR pernah mengusulkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai gelar pahlawan Soekarno-Hatta. "Alhamdulilah sekarang terealisasi dengan pertimbangan Presiden," ujarnya.

Menurutnya, Soekarno dan Hatta memang telah menyandang gelar Proklamator RI atas dasar Keppres nomor 81/TK/1986 tanggal 23 Oktober 1986. "Tapi kita menginginkan gelar terpisah karena keduanya punya peran masing-masing," tuturnya.

Anugerah gelar pahlawan nasional diberikan pemerintah melalui Dewan Tanda Gelar Jasa dan Kehormatan. Anugerah gelar pahlawan ini menyambut peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012 ini

Khusus untuk gelar bagi Soekarno, perwakilan keluarga yang menerima adalah putra pertama Soekarno, Guntur Soekarnoputra. Rencananya Megawati Soekarnoputri juga akan menghadiri pemberian anugerah gelar pahlawan di Istana Merdeka hari ini.

(fdn/riz)