Pembagian Daging Kurban di Masjid Istiqlal Berlangsung Ricuh

- detikNews
Sabtu, 27 Okt 2012 05:12 WIB
Antrean warga di Masjid Istiqlal (Foto: Pandu/detikcom)
Jakarta - Hari ini warga kembali mengantre di Masjid Istiqlal untuk mendapatkan jatah daging hewan kurban. Namun karena tak sabar, warga sempat saling dorong untuk berebutan mendapatkan jatah daging kurban.

Pantauan detikcom di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (27/10/2012) sekitar pukul 04.45 WIB, terdapat tiga tenda beserta kursi yang diisi oleh warga yang hendak mengambil jatah daging kurban. Menuju kursi itu, antrean warga yang berdiri sudah mengular sepanjang kurang lebih 500 meter di halaman masjid.

Awalnya antrean itu berlangsung tertib. Namun, entah bagaimana, tiba-tiba warga yang mengantre merangsek menuju tenda yang dijadikan pusat pembagian daging kurban. Aksi saling dorong pun tak terelakkan.

Polisi yang berjaga sempat kewalahan menghalau warga yang berebutan untuk mendapatkan daging kurban lebih dulu. Padahal saat itu pembagian daging kurban belum dimulai.

"Ibu-ibu tolong sabar, silakan duduk sesuai kursinya. Nggak usah desak-desakan, biar tertib, biar kita enak," kata salah seorang panitia pembagian daging kurban melalui pengeras suara.

Salah seorang pengantre, Lisna (44), mengaku khawatir tak mendapat jatah daging kurban. Oleh karenanya, dia tadi sempat mencoba ikut merangsek ke pusat pembagian kurban. "Takut nggak dapat," katanya sambil tertawa.

Untungnya aksi saling dorong itu tak berlangsung lama. Petugas langsung bisa menertibkan warga yang akhirnya kembali mengantre. Tak lama kemudian, pembagian daging kurban dimulai.




(ndu/trq)