Pertama Kalinya Pelaksanaan Solat Ied di Meksiko Dilakukan di Lapangan

- detikNews
Sabtu, 27 Okt 2012 01:25 WIB
Jakarta - Pertama kali dalam kurun waktu 20 tahun, warga muslim yang tinggal di Mexico City bisa melaksanakan salat Idul Adha dengan khusuk.

Sebabnya, sebelum mendapat izin dari pemerintah Meksiko untuk mempergunakan komplek olah \raga sebagai tempat salat Ied, para jamaah masih mempergunakan tempat parkir Restoran Tandour sebagai tempat beribadah.

"Menurut Imam Mesjid Mexico City, Bapak Isa Rojas menjelaskan bahwa tempat parkir restoran Tandour yang biasanya kita pakai sholat Ied sudah tidak muat, semisal salat Idul Fitri yang lalu ada lebih dari 50 jamaah yang tidak bisa salat karena tidak ada tempat," ujar Fitra Ismu Kusumo, seorang WNI yang tinggal di Meksiko, melalui pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (27/10/2012).

Menurut Isa seperti diberitakan oleh Fitra, dirinya sangat berterima kasih atas pemerintahanan gubernur Mexico City yang akhirnya memberikan izin, sehingga diharapkan keharmonisan dan kedamaian akan terus berlangsung.

Dalam pelaksanaannya, salat Ied dilaksanakan pada pukul 08.30 waktu setempat. Pelaksanaan Ibadah dipimpin oleh imam sekaligus khatib bernama Syeikh Murad. Sekitar 500 jamaah yang tinggal di Mexico City terutama di bagian tengah dan utara Kota Meksiko turut dalam salat tersebut.

Pelaksanaannya sendiri bertempat di Deportivo Plan Sexenal (semacam komplek olah raga), di salah satu lapangan bola pada komplek olahraga.

Khatib dalam ceramahnya menyampaikan pentingnya penerapan akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari agar kaum muslim bisa menjadi contoh sebagai manusia yang baik dan bertaqwa. Hal ini merupakan salah satu cara dakwah tidak langsung seorang muslim. Setelah salat, para jamaah mengadakan silaturahmi dan makan bersama di tempat yang sama.


(ndu/trq)