Jokowi: Saya Blusukan ke Kampung Biar Dinas-Dinas Bisa Kuasai Lapangan

ADVERTISEMENT

Jokowi: Saya Blusukan ke Kampung Biar Dinas-Dinas Bisa Kuasai Lapangan

- detikNews
Rabu, 17 Okt 2012 09:43 WIB
Jokowi 16/10/2012
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), kemarin 'blusukan' ke pemukiman padat penduduk di Pademangan Timur (Jakarta Utara), Tanah Tinggi (Jakarta Pusat), dan Bukit Duri (Jakarta Selatan). Dalam kunjungannya, Jokowi memboyong beberapa kepala dinas dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meninjau kondisi pemukiman kumuh di lokasi tersebut.

Lalu apa maksud Jokowi mengikutsertakan para SKPD tersebut?

"Saya hanya ingin memberikan pada dinas sebuah pesan bahwa menguasai lapangan itu perlu. Menguasai medan dan masalah itu perlu. Mendengarkan keluhan masyrakat langsung itu perlu," ujar Jokowi di gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (17/12/2012).

Jokowi mengatakan, selama ini dinas-dinas di Pemprov DKI memang belum maksimal dalam bekerja. Hal itu diketahuinya setelah melakukan peninjauan dan mendengarkan langsung keluhan warga.

"Ya, lapangannya kurang, saya kan dibisikin sama masyarakat, Pak lurahnya jarang ke sini. Kalau lurahnya jarang apalagi camatnya, apalagi walikotanya, apalagi dinasnya," tuturnya.

Jokowi berharap agar tindakannya yang langsung turun ke lapangan itu, diikuti oleh SKPD di Pemprov DKI. Jokowi pun menegaskan dia akan terus turun untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat.

"Sehingga (SKPD) harus banyak di lapangan, kampung masyarakat, itu terus akan saya laksanakan tiap hari," ungkapnya.


(jor/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT