PDIP Minta Pancasila Masuk Lagi di Kurikulum untuk Tekan Tawuran

- detikNews
Minggu, 14 Okt 2012 08:26 WIB
Surabaya - Salah satu dari 11 poin hasil dari rapat kerja nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di kota Surabaya yakni mengenai maraknya tawuran dan kekerasan di tingkat horizontal, khususnya tawuran antar pelajar. PDIP meminta agar mata pelajaran Pancasila dimasukkan kembali ke kurikulum pendidikan, mulai sejak SD hingga perguruan tinggi.

"Menyesalkan meluasnya budaya kekerasan dan intoleransi di kalangan terutama pelajar," kata Puan Maharani saat membacakan hasil rakernas, Sabtu (13/10/2012) malam.

Ketua Panitia Pusat Rakernas II itu juga membacakan hasil rakernas, yakni mendesak pemerintah menjamin terciptanya keamanan dan perlindungan warga negara, dan sedini mungkin melakukan pencegahan terhadap kecenderungan meningkatnya konflik horizontal.

"Mendesak pemerintah untuk memberikan perhatian pada upaya membangun karakter bangsa, yang saat ini semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila, sebagaimana ditunjukkan oleh semakin intens dan meluasnya konflik dalam masyarakat, rendahnya kesadaran hukum, tergerusnya solidaritas dan toleransi sosial serta berbagai kecenderungan negatif
lainnya," katanya.

"Untuk itu, PDI Perjuangan menyerukan dikembalikannya mata ajaran Pancasila dalam kurikulum pendidikan di semua tingkatan, dan menjadi dasar bagi pengembangan pendidikan budi pekerti, serta pendidikan kewargaan," tuturnya.

(roi/mok)