DetikNews
Kamis 11 Oktober 2012, 09:32 WIB

Agar Lebih Akrab, Siswa SMA 6 & SMA 70 Ikuti Pelatihan ESQ Bersama

- detikNews
Agar Lebih Akrab, Siswa SMA 6 & SMA 70 Ikuti Pelatihan ESQ Bersama
Jakarta - Murid-murid SMA 6 dan SMA 70 Jakarta beberapa kali terlibat tawuran. Nah untuk mengakrabkan siswa kedua sekolah yang bertetangga itu, digelarlah pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bersama.

\\\"Hari ini kita lakukan training dengan membaurkan kedua seolah. Mudah-mudahan dengan membaur mengikuti training dapat meredakan suasana yang selama ini tegang,\\\" ujar Wakil Mendikbud Musliar Kasim.

Hal itu disampaikan dia di sela acara pelatihan bertajuk \\\'ESQ Character Building for Future Leader SMAN 6 dan SMAN 70\\\' di Menara 165, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (11\/10\/2012).

Acara tersebut digelar atas kerja sama berbagai pihak seperti Polda Metro Jaya, Kemendikbud, dan pelatih lembaga ESQ pimpinan Ary Ginanjar Agustian. Sekitar 800 siswa berpartisipasi dalam acara tersebut.

\\\"Kita di Kementerian melakukan rapat-rapat melibatkan guru dan kepala sekolah, melibatkan komite dan alumni, membicarakan apa yang harus dilakukan untuk meredam jangan sampai terjadi lagi tawuran. Ketika kita merumuskan itu, saya ditelepon oleh Ary Ginanjar Agustian. Dia bilang saya bersedia mentraining anak-anak ini tanpa bayaran,\\\" papar Musliar.

Para siswa yang mengenakan seragam putih abu-abu mengikuti kegiatan itu dengan riang. Selain mendengarkan ceramah motivasi, para siswa juga mengikuti permainan. Permainan itu adalah \\\'mencari teman sebayak-banyaknya\\\'.

Saat game digelar, para siswa membawa kertas HVS dan mencari teman sebanyak-banyaknya tanpa melihat asal sekolah. Mereka meminta teman barunya menuliskan data diri di kertas tersebut.

Sebelumnya, Senin 24 September 2012 lalu tawuran antara siswa SMA 6 dan SMA 70 pecah. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang siswa SMA 6 yang sedang makan siang, Alawy Yusianto Putra, tewas terkena sabetan celurit. Fitrah Ramadhani alias Doyok dijadikan tersangka terkait kasus tersebut. Sementara it 6 Siswa SMA 70 yakni GL, MI, JN, RZ, RB dan HS juga ditetapkan sebagai tersangka dengan dikenai pasal 170 KUHP ayat 1 tentang pengeroyokan namun tidak ditahan.




(vit/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed