Timwas Century Panggil JK, PD: Jangan Jadikan Panggung Politik

- detikNews
Rabu, 19 Sep 2012 02:54 WIB
Jakarta - Tim pengawas DPR atas pengusutan kasus Bank Century (Timwas Century) memanggil mantan Wapres Jusuf Kalla (JK). Pemanggilan JK melengkapi kesaksian Antasari Azhar di Timwas pada pekan lalu.

"Pansus akan memanggil Jusuf Kalla pukul 09.00 WIB. Kami sendiri nggak tahu keterangan apalagi yang dibutuhkan Timwas dari Pak JK. Pak JK sudah kita minta keterangannya di Pansus waktu itu. Pernyataan Antasari pekan lalu juga nggak ada yang baru," kata Anggota Timwas Century, Achsanul Qosasi, kepada detikcom, Rabu (19/9/2012).

Menurut Achsanul, Timwas Century sudah menjadi panggung politik semata. Menurut dia, semestinya Timwas harus lebih fokus pada pengawasan penuntasan kasus Century dan pengembalian aset, bukan menggali-gali persoalan.

"Kami dari PD tidak bisa melarang permintaan teman-teman karena posisi kami tidak menguntungkan jika kami menolak kehadiran Pak JK. Nanti kami dianggap menghalang-halangi, padahal lebih lebih bermanfaat jika kita memanggil LPS, Bank Mutiara, Menkeu, KPK, Kejaksaan, Kepolisian guna menindaklanjuti amanat paripurna untuk mendorong pembayaran dana nasabah," kata Wakil Sekretaris FPD DPR ini.

Dia berharap semua fraksi di DPR sepakat dengan tugas Timwas Century. Tidak menggunakan Timwas Century menjadi panggung politik semata.

"Jangan lagi Timwas ini dijadikan panggung politik untuk mengolok-olok pemerintah. Seolah parlemen ini beradu retorika merebut simpati rakyat, padahal mereka membuat Century ini sebagai panggung untuk menjelekkan pemerintah dan memojokkan PD. Jika mau kampanye jangan gunakan Timwas Century," tegasnya.

(van/iqb)