Foke Canangkan Gerakan Saling Percaya di Masjid Istiqlal

- detikNews
Minggu, 12 Agu 2012 18:49 WIB
Jakarta - Gubernur DKI Fauzi Bowo mencanangkan Gerakan Saling Percaya Antarteman-Antartetangga-Antartokoh di Masjid Istiqlal. Foke, panggilan akrabnya, mengimbau agar mengembangkan budaya toleransi.

Dalam acara pencanangan ini tampak hadir tokoh seperti Menteri Agama Suryadharma Ali dan Rektor Universitas Pertahanan Syarifudin Tippe di Masjid Istiqlal, Jl Taman Wijayakusuma, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2012).

Ada sekitar 300 orang menghadiri acara yang digelar untuk memperingati HUT ke-67 RI ini.

"Ini adalah pencanangan Gencaper. Kita berada di negara Pancasila. Kita harus saling mengembangkan toleransi antar anak bangsa," kata Foke.

Apakah pencanganan gerakan ini untuk memangkal isu SARA yang selalu dikaitkan untuk mendukung Anda?

"Isu SARA tidak ada tempatnya di negara Pancasila. Membangun kesatuan dan persatuan bangsa mutlak diperlukan. Dan dimulai dari saling mempercayai dan jangan suudzon," jawab pria yang identik dengan kumisnya ini.

Sementara salah satu inisiator Gencaper, Ketua Permata Bangsa Dr Dodi Susanto mengatakan latar belakang gerakan ini untuk menjaga nilai Indonesia yakni saling percaya, senasib sepenanggungan dan gotong royong.

"Diharapkan gerakan ini bisa melengkapi posisi bangsa agar kesatuan Indonesia tetap kuat. Ini gerakan nasional seluruh Indonesia, sementara acaranya baru diadakan di Jakarta. Jakarta adalah pusat keberagaman di Indonesia," kata Dodi.

(nwk/nrl)