DetikNews
Senin 02 Juli 2012, 18:25 WIB

Lumpur Jakarta akan Dibuang di Dekat Restoran Jimbaran Ancol

- detikNews
Lumpur Jakarta akan Dibuang di Dekat Restoran Jimbaran Ancol
Jakarta - Lumpur hasil pengerukan 11 sungai dan 4 waduk untuk menanggulangi banjir di Jakarta akan dibuang di sebelah utara Pasar Festival Ancol atau dekat Restoran Jimbaran, Ancol. Pemprov DKI Jakarta sudah memperhatikan kaidah lingkungan atas itu.

\\\"Pengerukan kali dikerjakan dengan kaidah-kaidah lingkungan karena Bank Dunia punya kriteria ketat untuk memperbaiki lingkungan,\\\" ujar Foke.

Foke mengatakan itu di sela-sela mengunjungi tanggul pembuangan lumpur proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Senin (2\/7\/2012).

Menurut Foke, sampah hasil pengerukan sungai akan dibuang di Bantar Gebang. Pembiayaan proyek pengerukan sungai ditanggung Bank Dunia.

\\\"Ini dikontrol supervisi Bank Dunia, ajang tanggul penahan lumpur 3.000 meter dengan luas 120 hektar. Tanggul selatan dan barat sudah jadi, tinggal yang di utara, nanti akan dibuat giotube, semacam balon diisi pasir, ramah lingkungan dan bersatu dengan alam, jadi lumpur nggak ke mana-mana tetap di situ,\\\" imbuhnya.

Direktur Taman Impian Jaya Ancol Budi mengatakan, biaya tanggul penahan lumpur barat dan selatan Rp 146 miliar. Sementara utara Rp 72 miliar.

\\\"Lumpur yang bisa ditampung 8 juta meter kubik dengan luas 120 hektar,\\\" ucap dia.




(nik/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed