PDIP Calonkan Ketua Demokrat NTB Dalam Pilgub

- detikNews
Kamis, 07 Jun 2012 16:48 WIB
Mataram - PDIP berencana mencalonkan kembali Gubernur NTB M. Zainul Majdi dalam Pilgub NTB Mei 2013. Zainul merupakan politikus PBB yang kemudian meloncat ke Partai Demokrat.

"PDIP secara kepartaian memang belum menetapkan. Namun dari pembicaraan saya sebagai ketua DPD dengan Ketua Umum (Megawati), Ketua Umum tetap menginginkan Gubernur NTB M Zainul Majdi dicalonkan kembali dalam pilgub 2013," kata Rahmat Hidayat, Ketua DPD PDIP NTB di Kantor DPD PDIP NTB, Jl Panjitilar Negara, Kota Mataram, Kamis (7/6/2012) sore.

Dari segala sisi, menurut Rahmat, Zainul layak diberi kesempatan memimpin NTB periode kedua lima tahun mendatang. PDIP setidaknya mencatat sembilan hal alasan dibalik itu.

Diantara sembilan hal itu adalah komitmen membebaskan biaya kesehatan gratis, pendidikan gratis, dan memperkuat ekonomi rakyat dengan akses permodalan.

Zainul juga dinilai telah memberi layanan murah dan cepat, serta memberi akses perumahan sehat dan layak huni bagi masyarakat.

"Ketum menginginkan kami menjaga dan mencalonkan Tuan Guru Bajang (Zainul Majdi)," kata Rahmat yang kini anggota DPR RI itu.

Husni Djibril, Sekretaris DPD PDIP NTB yang mendampingi Rahmat mennambahkan, selama ini PDIP NTB memang secara periodik selalu melaporkan kinerja Zainul dalam memimpin NTB pada Ketua Umum DPP PDIP.

Secara kepartaian, PDIP kini tinggal menunggu menetapkan dukungan secara resmi pada Zainul, sesuai perintah Ketua DPP PDIP.

KPU NTB menjadwalkan pemungutan suara putaran pertama Pilgub NTB pada 13 Mei 2013. Tahapan resmi Pilgub akan dimulai November 2012. Pilgub NTB akan berbarengan dengan pemilihan bupati Lombok Timur dan pemilihan wali kota Bima.

Saat Pilgub 2008, Zainul dicalonkan PBB dan PKS. Pada Pilgub waktu itu, PDIP mencalonkan kadernya sendiri berpasangan dengan Ketua DPD Golkar NTB.

Tahun lalu, Zainul loncat pagar meninggalkan PBB untuk menjadi Ketua DPD Demokrat NTB.

(try/try)