detikNews
Kamis 24 Mei 2012, 06:22 WIB

Kasus Hambalang, KPK Panggil Menpora Andi Mallarangeng Hari Ini

- detikNews
Kasus Hambalang, KPK Panggil Menpora Andi Mallarangeng Hari Ini
Jakarta - KPK pagi ini memanggil Menpora Andi Mallarangeng. Politisi Demokrat itu akan diperiksa terkait penyelidikan kasus pembangunan sport center di Hambalang, Bogor.

Surat pemanggilan Andi telah dilayangkan pada Selasa kemarin. Andi akan diperiksa mengenai pengadaan sport center yang dibangun dengan anggaran dari kementerian yang dipimpinnya.

\\\"Dia akan dimintai keterangan terkait proses pengadaan sport center itu,\\\" tutur Jubir KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis (24\/5\/2012).

Andi sendiri siap memenuhi panggilan itu. \\\"Insya Allah saya akan hadir untuk memberikan keterangan yang diperlukan,\\\" kata Andi melalui pesan singkatnya, Selasa, 22 Mei 2012.

Nama Andi disebut-sebut ikut terlibat dalam kasus ini oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin serta sejumlah saksi lain di persidangan. Mereka menyebut rapat pembahasan proyek Hambalang dihadiri oleh Nazaruddin, Angelina Sondakh, dan Mahyudin dilakukan di ruangan Andi. Saat itu, Nazaruddin menyatakan kepada Andi bahwa sertifikat tanah untuk proyek Hambalang telah diselesaikan.

Nazaruddin juga mengaku disuruh Anas Urbaningrum yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat untuk mengurus sertifikat tanah proyek Hambalang. Menurut Nazaruddin, Anas saat itu bertanya siapa anggota Fraksi Partai Demokrat yang bisa membantu mengurus masalah tanah ini. Nazaruddin pun menjawab bahwa anggota Komisi II dari Fraksi Partai Demokrat, Ignatius Mulyono, bisa mengurusnya karena dekat dengan Kepala Badan Pertanahan Nasional Joyo Winoto.




(fjp/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com