detikNews
Rabu 09 Mei 2012, 17:39 WIB

Sukhoi Superjet100 Dipesan Sky Aviation & Kartika Airlines

- detikNews
Sukhoi Superjet100 Dipesan Sky Aviation & Kartika Airlines
Jakarta - Pesawat Sukhoi Superjet100 dikabarkan hilang kontak di daerah Bogor, Jawa Barat. Sebelum hilang kontak, pesawat tersebut sedang demo terbang di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Pesawat ini sedang dipromosikan kepada Sky Aviation dan Kartika Airlines.

Kapuskom Publik Kemenhub Bambang S Ervan membenarkan pesawat Superjet100 dipesan Sky Aviation dan Kartika Airlines.

\"Ya itu rencananya memang akan memperkenalkan pada perusahaan yang melakukan pemesanan,\"kata Bambang saat dihubungi detikcom.

Sementara itu, Sky Aviation juga sudah mengumumkan di twitter soal tes pesawat Sukhoi ini. \"Sukhoi superjet100 preparing for demo flight today at Halim Airport.\" Demikian tweet dari @Sky_Aviation pada Rabu (9/5/2012), sekitar pukul 15.00 WIB.

Sky Aviation mengklaim dirinya merupakan operator Sukhoi Superjet pertama di kawasan Asia Pacific. Pesawat ini didesain untuk bisa mengangkut 98 penumpang.

Informasi yang diterima detikcom, Rabu (9/5/2012), pesawat itu hilang kontak sekitar pukul 15.30 WIB. Pilot pesawat itu sebelumnya mengontak ke traffic control Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.00 WIB.

Saat itu, pilot pesawat itu mengontak memberitahu bahwa pesawat sedang terbang di ketinggian 10 ribu kaki di atas wilayah Bogor. \"Pukul 15.30 WIB, pilot meminta izin untuk menurunkan pesawat di ketinggian 6000 kaki. Tapi, setelah itu, hilang kontak. Sampai sekarang belum diketahui posisinya,\" kata salah seorang sumber kepada detikcom.

Pesawat Sukhoi Superjet100 ini berada di Indonesia untuk melakukan tes terbang. Pesawat penumpang ini sedang ditawarkan ke maskapai penerbangan di Indonesia. Sekitar pukul 14.00 WIB, pesawat berbadan warna putih itu take off dari Bandara Halim Perdanakusumah.

Media Rusia, rt.com pada Rabu (9/5/2012) mengabarkan pesawat itu mengangkut 44 orang, termasuk 8 orang Rusia dan 36 warga negara dari berbagai negara. Sebelumnya informasi dari Basarnas jumlah penumpang 46 orang.




(vit/asy)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com