DetikNews
Senin 16 April 2012, 14:30 WIB

Ditanya Soal Foke Acungkan Jari Tengah, Jokowi Salam Victory & Metal

- detikNews
Ditanya Soal Foke Acungkan Jari Tengah, Jokowi Salam Victory & Metal
Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta dari PDIP Joko Widodo bertandang ke markas Slank, di Gang Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan. Saat ditanya tanggapannya tentang Fauzi Bowo yang mengacungkan jari tengah dalam foto yang beredar di Twitter, Jokowi pun membuat simbol jari.

\\\"Ya kalau masalah foto, saya tadi jari dua, dan ini jari tiga. Nggak ada masalah, saya menolak berkomentar kalau masalah itu,\\\" jelas Jokowi sembari mengacungkan jari telunjuk dan tengah membentuk huruf V, kemudian memperagakan salam 3 jari yaitu jempol, telunjuk dan kelingking.

Hal itu ditunjukkan Jokowi saat ditanya tanggapan mengenai foto Foke yang mengacungkan jari tengah, usai berkunjung ke markas Slank di Gang Potlot 3, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16\/4\/2012). Seperti biasa, Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak.

Seperti diketahui, salam 2 jari yang ditunjukkan Jokowi lazim diartikan sebagai \\\'Victory\\\' atau kemenangan atau bahkan \\\'Peace\\\' alias perdamaian. Sedangkan salam 3 jari adalah metal, salam yang lazim bagi penggemar musik metal.

Jokowi selama ini memang diketahui sebagai penggemar band-band cadas seperti Dream Theater, Lamb of Good dan Napalm Death. Bahkan Jokowi tak melewatkan konser-konser band tersebut.

\\\"Saya sudah punya tiket Dream Theater. Tapi tiketnya yang paling murah. Nanti kalau mau bareng ayuk,\\\" ujar Jokowi di Thamrin City, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24\/3\/2012).

Jokowi mengaku gemar menonton konser musik rock sejak dulu. Selain rock, dia juga senang menonton campursari.

\\\"Saya juga kemaren nonton Lamb of God. Dari dulu saya senang band rock seperti Deep Purple, Scorpion, Genesis, Metallica, Napalm Death, sampai campursari,\\\" kata Jokowi.

Dream Theatre akan menggelar konser di Jakarta pada Sabtu, 21 April 2012. Konser ini akan digelar di Mata Elang International Stadium, Pantai Carnival Ancol, Jakarta.

Sedangkan personel Slank, Kaka, yang dimintai tanggapan mengenai salam jari tengah Foke, Kaka mengatakan, \\\"Ya itu tergantung lo tempatnya di mana? Kalo lo datang di acaranya Iwan Fals, jari tengah itu lambangnya OI (Orang Indonesia). Gw rasa itu tergantung tempatnya saja di mana\\\".

Sebelumnya diberitakan dalam foto yang beredar di twitter tersebut, tampak Foke yang mengenakan baju kemeja berwarna putih mengacungkan jari tengah sambil tersenyum dengan posisi diapit satu orang perempuan dan satu orang laki. Sang perempuan remaja juga mengacungkan jari tengah, sedang remaja pria mengacungkan jempol.

\\\"Jadi dia kemarin foto sama anak band di Senayan untuk pembagian pemenang lomba band. Terus Bapak foto bareng sama pemenang. Pas difoto, ada anak bandnya yang ngacungin jari, ya diikutin sama Bapak. Jadi dia ngikut saja, enggak ngerti apa-apa,\\\" kata juru bicara Pemprov DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (16\/4\/2012).




(nwk/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed