DetikNews
Jumat 30 Maret 2012, 17:29 WIB

Mahasiswa Anti BBM Naik & Polisi Bentrok di Istana Bogor

- detikNews
Mahasiswa Anti BBM Naik & Polisi Bentrok di Istana Bogor
Bogor - Demo penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Bogor berakhir ricuh, Jumat (30\/3\/2012) pukul 13.30 WIB. Polisi dan pendemo terlibat adu pukul. Tiga mahasiswa diamankan petugas karena dituding sebagai pemicu keributan.

Kericuhan bermula saat para mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan menggelar aksi di depan pintu I Istana Bogor, Jl Juanda, Kota Bogor. Namun, polisi melarang mereka menggelar aksinya di lokasi itu karena dianggap wilayah steril.

\\\"Jalan-jalan, jangan demo depan Istana, ini wilayah steril,\\\" ucap Kasat Sabhara Polres Bogor Kota AKP Arif Gunawan kepada para mahasiswa.

Namun, larangan aksi di depan Istana Bogor ditentang para demonstran. Cekcok mulut antara petugas dan mahasiswa pun tidak terhidarkan lagi. Puncaknya terjadi saling dorong yang berlanjut adu pukul.

Pantauan detikcom di lokasi, polisi mengejar beberapa mahasiswa yang dianggap sebagai pemicu keributan. Tiga orang diamankan dan dinaikkan ke dalam truk petugas. Beberapa demonstran terjatuh ke aspal. Keributan terjadi persis di depan RS Salak, Jalan Sudirman, Kota Bogor.

Hujan yang mengguyur wilayah Bogor tidak meredakan ketegangan antara petugas dan puluhan demonstran. Wakapolres Bogor Kota Kompol Irwansyah akhirnya turun meredam kericuhan antara petugas dan mahasiswa.

Para mahasiswa diminta bergeser ke arah Air Mancur, sedangkan petugas ditarik mundur dan berkumpul di kantor Sub Denpom III TNI.




(try/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed