ADVERTISEMENT

KPK Masih Telaah Laporan Rosa Terkait Menteri Penerima Fee

- detikNews
Minggu, 26 Feb 2012 04:08 WIB
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi masih terus menelaah laporan yang dilakukan oleh Mindo Rosalina Manulang terkait dugaan adanya menteri penerima fee. KPK masih perlu memeriksa soal kebenaran laporan Rosa.

"Masih kita telaah, apakah benar ada dugaan tindak pidana korupsi," ujar juru bicara KPK, Johan Budi, kepada detikcom, Minggu (26/2/2012).

Mengenai 'konflik' kuasa hukum Rosa, Ahmad Rifai dengan LPSK terkait laporan ke KPK, Johan enggan mencampurinya. Namun Johan menjelaskan, terkait keselamatan Rosa, pihaknya memang terus melakukan koordinasi dengan LPSK.

Johan memaklumi dengan sikap LPSK, terlebih lembaga itu berkepentingan menjaga keselamatan Rosa. Terlebih lagi Rosa sendiri yang beberapa waktu itu minta perlindungan dari LPSK.

Namun Johan menegaskan, 'konflik' itu tidak berpengaruh dengan laporan yang disampaikan Rosa.

Sebelumnya, Rifai menceritakan, Rosa bertemu dengan menteri itu di kediaman sang menteri pada 2010. Pertemuan itu dihadiri empat orang. Mereka adalah menteri dan seorang kepercayaannya, serta Rosa bersama seorang temannya. Pada pertemuan itulah menteri meminta bagian 8 persen.

Usai pertemuan tersebut, orang kepercayaan sang menteri menghubungi Rosa melalui telepon. "Dia meminta jatah itu dibayar di depan, jika tidak maka proyek akan diberikan ke yang lain," ujar Rifai.

Namun mantan kuasa hukum Bibit-Chandra ini belum mau mengungkapkan identitas menteri itu. Dia hanya mengatakan menteri itu punya keterlibatan dalam proyek tersebut. "Menteri kan pegang proyek ini dan itu," katanya. Dia pun belum mau mengungkap apa proyek tersebut.

(mok/mok)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT