DetikNews
Senin 14 November 2011, 11:55 WIB

Mahasiswa di Makassar Protes Pengiriman Pasukan TNI/Polri ke Papua

- detikNews
Jakarta - Puluhan mahasiswa asal Papua yang menamakan kelompoknya Forum Solidaritas Mahasiswa Peduli Rakyat Papua, menggelar unjuk rasa di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (14\/11\/2011). Mereka meminta penghentian pengiriman pasukan TNI-Polri ke Papua.

Para mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Makassar ini mengawali aksinya dengan melakukan long march sejauh 4 kilometer dari asrama mereka di Jalan Lanto Dg Pasewang, menuju Monumen Mandala.

Dalam orasinya, mahasiswa Papua meminta pengiriman pasukan TNI-Polri dihentikan, termasuk pasukan yang sudah lebih dahulu didatangkan agar ditarik kembali dari Papua. Mahasiswa Papua juga meminta pemerintah agar membuka matanya akan pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Papua.

\\\"Persoalan di Papua seharusnya diselesaikan dengan cara persuasif, bukan dengan cara kekerasan dan pengiriman pasukan yang dapat mengintimidasi masyarakat Papua, pengiriman pasukan harus dihentikan dan ditinjau ulang untuk kebaikan rakyat Papua,\\\" pungkas Albert dalam orasinya.

Selain itu mahasiswa Papua juga memprotes keberadaan PT Freeport yang tidak mampu mensejahterakan masyarakat Papua, setelah puluhan tahun mengeruk kekayaan alam Papua. Keberadaan PT Freeport dinilai sebagai biang kekacauan yang terjadi di Papua.

Di akhir orasinya, para mahasiswa Papua ini meminta Presiden SBY mundur dari jabatannya jika tidak mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di Papua.




(mna/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed