DetikNews
Selasa 15 Maret 2011, 06:22 WIB

Wapres Buka Simulasi Penanganan Gempa & Tsunami di Manado

- detikNews
Manado - Wakil Presiden Boediono hari ini dijadwalkan membuka simulasi penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Manado, Sulawesi Utara. Latihan bersama yang juga dikenal dengan nama ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DiREx) 2011 ini diikuti 24 negara peserta.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom, acara tersebut akan dibuka Wapres pada pukul 09.00 Wita.  Acara digelar di Kompleks Megamass, Jl PR Tendean, Manado, Selasa (14\/3\/2011).

Mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Boediono telah berada di Manado sejak Senin (13\/3), kemarin. Sehari sebelumnya, ia baru saja pulang dari kunjungan kerjanya ke Australia selama 5 hari.

Ikut serta dalam pembukaan ini sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (II), yaitu Menko Kesra Agung Laksono, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Mensos Salim Segaff Aljufri. Hadir pula Panglima TNI Agus Suhartono, Kapolri Jendral Timur Pradopo, dan Kepala BNPB Syamsul Maarif.

Dikutip dari situs BNPB, kegiatan ARF-DiREx 2011 bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan saling pengertian dalam penanganan bencana baik di Indonesia maupun negara-negara yang tergabung dalam ARF. Latihan ini merupakan kelanjutan dari 2 latihan serupa yang digelar di Jakarta serta Filipina.

Latihan penanggulangan bencana ini merupakan hasil kesepakatan dari 7thASEAN Regional Forum Inter-Sessional Meeting (ISM). Acara tersebut diselenggarakan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 9-12 Oktober 2007 silam.

Rencananya, latihan kali ini diikuti oleh negara-negara ARF ditambah Jepang, Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, dan lain-lain. Simulasi akan melibatkan 3.500 orang di luar pelaku pendukung dari masyarakat dan relawan (2500 Indonesia, 931 Internasional).

Selain di Megamass, acara yang berlangsung hingga 19 Maret 2011 ini akan mengambil lokasi di beberapa pulau di Sulut. Pulau-pulau tersebut meliputi Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, pesisir Desa Maasing Kota Manado, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Desa Wori, Desa Kimabajo dan Desa Minaesa), Bandara Sam Ratulangi, dan Pelabuhan Bitung.




(irw/rdf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed