Salurkan Kredit ke Kerabat, Eks Direktur Bank Ganesha Jadi Terdakwa

ADVERTISEMENT

Salurkan Kredit ke Kerabat, Eks Direktur Bank Ganesha Jadi Terdakwa

- detikNews
Kamis, 16 Des 2010 17:31 WIB
Jakarta - Mantan Direktur Marketing Bank Ganesha, Rudi Susanto Narmada (48), duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Sebab, dia didakwa menyalurkan kredit ke kerabatnya senilai Rp 2,2 miliar sehingga melanggar UU Perbankan tentamg prinsip kehati- hatian.

"Mendakwa Rudi melanggar UU Perbankan pasal 49 huruf 1 (a) UU Perbankan," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Martha di depan majelis Ketua Majelis Hakim, Swidia dalam sidang terbuka untuk umum di PN Jakpus, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Kamis (16/12/2010).

Ancaman hukuman maksimal pasal tersebut yakni 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 200 miliar. Rudi tidak menampakkan ekspresi apapun. Sepanjang persidangan terus

Dalam  dakwannya, jaksa membeberkan penyaluran kredit dengan tidak mengindahkan prinsip kehati- hatian. Dia menyalurkan kredit ke adik iparnya, Dudi Mulyadi, temannya Fredy Admanja pada 5 juni 2007 dan Elza Gozali pada 21 juli 2007. Kredit tersebut disalurkan tidak melalui prosedur yang benar. Kredit disalurkan dalam bentuk cek dengan pecahan Rp 1,45 miliar, Rp 350 juta dan Rp 400 juta.

"Atas tindakan Rudi, Bank Ganesha dirugikan senilai Rp 2,2 miliar," tegas Martha.

Menanggapi dakwaan ini, Rudi tidak melakukan perlawanan dalam bentuk eksepsi tetapi dalam nota pledoi setelah tuntutan.  Alhasil, sidang langsung memasuki agenda mendengarkan saksi pekan depan. " Kami tidak melakukan eksepsi," kata kuasa hukum Rudi, Alberth Kalangit usai sidang.

(asp/nwk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT