DetikNews
Kamis 11 November 2010, 15:03 WIB

Aku Cinta Indonesia (ACI)

Jadi Pemenang ACI, Rainer dan Lucy Raih Hadiah Rp 100 Juta

- detikNews
Jadi Pemenang ACI, Rainer dan Lucy Raih Hadiah Rp 100 Juta
Jakarta - Riuh rendah di Kafe  Sunnyvale, Gedung Aldevco Octagon, Jakarta Selatan mirip di Balairung UI saat Presiden  AS Barack Obama berpidato. Histeria, teriakan, dan tepuk tangan membahana terjadi saat  Rainer Oktavianus dan Lucia Nancy diumumkan sebagai pemenang program Aku Cinta Indonesia (ACI) yang digelar detikcom.  Selamat!

Rainer dan Lucia berhak mendapatkan hadiah Rp 100 juta. Penyerahan hadiah secara simbolis diserahkan kepada Rainer oleh Pemimpin Redaksi detikcom<\/strong> Budiono Darsono. Partner Rainer, Lucia, tidak bisa hadir dalam pengumuman pemenang itu, karena sedang menjadi relawan musibah Gunung Merapi di Yogyakarta.

Pengumuman pemenang ACI ini digelar di ruang utama kafe Sunnyvale, Kamis (11\/11\/2010) pukul 12.00 hingga 14.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh para pemimpin perusahaan dan lembaga yang mensponsori acara keliling Indonesia ini.

Saat namanya diumumkan sebagai pemenang, Rainer, pria berperawakan tinggi dan berkacamata itu, tampak terkejut. \\\"Saya tidak menyangka sama sekali. Saya masih belum tenang,\\\" kata Rainer saat diminta berkomentar menjadi pemenang yang dihelat sejak Agustus hingga Oktober 2010 itu.

\\\"ACI sebenarnya sudah menjadi hadiah buat saya. Dan kemenangan saya ini, juga merupakan kemenangan para teman petualang ACI yang lainnya juga. Saya sama Uci (Lucy) tidak menyangka sama sekali,\\\" tutur Rainer lagi. Pada kesempatan itu, Rainer menyatakan akan menyumbangkan sebagian hadiah  untuk para pengungsi Merapi.

Dalam program ACI, Rainer dan Lucy<\/a><\/strong> mendapat tugas mengunjungi kawasan Bangka Belitung. Dia mengaku masih banyak hasil lawatannya ke Bangka Belitung yang bisa ditulis, setelah dirinya pulang dari berpetualang ke Bangka Belitung. \\\"Tapi, karena keterbatasan waktu dan juga karena Uci menjadi relawan Merapi, maka baru itu yang bisa kami tulis,\\\" ujar dia.

Para petualang ACI, yang terdiri dari 33 tim (setiap tim terdiri dari dua orang), telah merekam hasil jejak petualangannya melalui artikel dan foto yang diupload di website ACI. Tulisan dan foto mereka itulah yang menjadi dasar penilaian untuk pemenang, selain rating dalam tulisan mereka.

Acara Berlangsung Meriah<\/strong>

Acara pengumuman ACI ini berlangsung meriah selama dua jam nonstop. Diawali dengan makan siang, acara ini dipandu oleh Budiono Darsono dan Zarona. Acara pengumuman pemenang ini dihadiri oleh para pemimpin perusahaan yang mensponsori acara tersebut. Para sponsor dan pendukung ACI adalah  XL, Sinar Mas, Garuda Indonesia, Nexian, Optic Seis, Consina, Swiss-Belhotel International, Asuransi ACA, Prodia, gantibaju.com, Flip, dan penerbit Bentang.

Para sponsor diminta untuk memberikan sambutan tentang keikutsertaannya dalam program ini. Hasnul Suhaimi, Dirut XL misalnya, mengaku sangat tertarik saat saat dirinya ditanya stafnya apakah perlu menjadi sponsor ACI yang digelar detikcom. \\\"Saya jawab, tidak hanya perlu, tapi harus,\\\" kata Hasnul.

Doni Rahayu dari PT Sinar Mas mengaku memiliki visi yang sama dengan Program ACI. \\\"Visi kami sama bagaimana menjadikan Indonesia yang lebih baik, pondasi lebih baik, bermartabat dan tidak dilecehkan,\\\" kata Doni yang memberikan semangat agar Indonesia menjadi lebih dari sekadar Macan Asia.

Semua perwakilan sponsor yang hadir memberikan sambutan. Intinya mereka menyatakan terima kasih dan berharap dilibatkan sebagai sponsor dalam program ACI di tahun mendatang. Sejumlah petualang ACI juga diminta memberikan testimoni mengenai XL, Sinar Mas, Garuda, dan produk Optic Seis.

Dalam acara ini juga diperlihatkan secuil film dokumenter yang dibuat oleh petualang ACI di papua, Sukma Kurniawan. Film yang dibuat Sukma sangat menarik, memotret kehidupan warga di Papua dan keindahan tempat wisatanya. Luar biasa!

Singkatnya, selama acara berlangsung, tepuk tangan terus membahana di ruangan berukuran 20 x 15 meter itu. Semangat tak henti-hentinya diperlihatkan para petualang ACI yang hadir. Bahkan, mereka berharap dilibatkan dalam program ACI 2011. Semua tulisan ACI 2010 akan dijadikan buku oleh Penerbit Bentang. Sampai ketemu di ACI 2011!


(asy/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed