DetikNews
Rabu 17 Maret 2010, 09:02 WIB

Kebakaran Pabrik Swallow

Bara Kecil Masih Menyala, Lokasi Korban Keempat Mulai Terendus

- detikNews
Bara Kecil Masih Menyala, Lokasi Korban Keempat Mulai Terendus
Jakarta - Kebakaran yang melanda pabrik sandal Swallow di Jl Kamal Muara, Jakarta Barat, belum sepenuhnya usai. Masih ada bara api kecil yang menyala di beberapa titik. Pencarian korban tewas pun terus dilakukan.

Petugas Pemadam Kebakaran dari Suku Dinas Jakarta Barat bekerja siang malam untuk mencari korban yang dikabarkan masih tertimbun. Informasi yang diperoleh, ada korban bernama Andri Wiratningsih yang masih hilang dan dicari oleh keluarganya.

\\\"Ada prediksi posisinya di lempengen bangunan. Terlihat sepertinya ada jasad, tapi ini masih dugaan,\\\" kata Kepala Sudin Damkar Jakbar, Sujadi, saat dihubungi detikcom, Rabu (17\/3\/2010) pukul 08.30 WIB.

Pencarian korban masih menggunakan alat berat yang disiagakan petugas sejak hari pertama kebakaran. Lokasi Andri Wiratningsih yang tengah hamil diprediksi berada di sekitar lorong ruangan karyawan.

\\\"Kemarin yang dua korban kita temukan di kamar mandi. Nah, bisa juga ini dekat-dekat itu. Tapi kita lokalisasi dulu,\\\" tegasnya.

Sujadi akan meminta data tertulis dari pengelola pabrik tentang siapa saja yang kemungkinan terjebak dalam bangunan. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui informasi resmi jumlah korban dan efektivitas proses evakuasi.

\\\"Selama ini informasinya kurang jelas, sehingga kita minta pendataan yang lengkap. Pagi ini katanya mau dikasih,\\\" lanjutnya.

Sementara, bara api kecil masih ada di sejumlah titik pabrik. Petugas terus melakukan pendinginan meski agak sulit karena material sendal yang mudah terbakar.

\\\"Sejauh ini memang masih kita kuasai, tapi masih ada bara-bara di bawah karena bahan-bahan dari Swallow itu mengkristal. Kita akan terus dinginkanlah,\\\" tutupnya.

Pabrik Swallow terbakar sejak Kamis 11 Maret lalu. Hingga saat ini, sudah ada 3 jenazah yang berhasil dievakuasi. Mereka adalah Parngat, Liana dan Rusli Karmoko.




(mad/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed