Tips Bagikan Zakat Aman Versi Jusuf Kalla

- detikNews
Selasa, 16 Sep 2008 17:38 WIB
Jakarta - Sebagai keluarga pengusaha kaya, Wapres Jusuf Kalla (JK) kerap mengeluarkan zakat dan tidak terjadi apa-apa. Kalla pun membagi tips kepada para dermawan agar tetap aman dan tidak memakan korban seperti insiden di Pasuruan.

"Saya ingin bertukar pengalaman karena keluarga saya sudah 50 tahun melakukan hal sama membagi-bagikan zakat dan infaq tiap tahun," ujar Kalla saat memberikan jumpa pers di Istana Wapres, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2008).

Menurut Kalla, selama 50 tahun membagikan zakat, tidak terjadi insiden yang melayangkan banyak nyawa seperti di Pasuruan, Jawa Timur.

"Yang datang dua hingga tiga ribu bahkan sampai 5 ribu orang. Tapi selama 50 tahun tidak terjadi apa-apa dan aman-aman saja dan tidak terjadi apa-apa karena rumah saya saat kecil dekat dengan masjid di Makassar," beber Kalla.

Menurut Kalla, kesalahan pembagian zakat di Pasuruan yaitu terlalu lama orang berkumpul. Lagipula waktu pembagian sampai matahari sudah menyengat kulit tubuh. "Saya dulu waktu kecil karena saya panitia tetap pembagian biasanya tidak lebih dari jam tujuh pagi," jelas anak pengusaha Hadji Kalla di Makassar itu.

Oleh karena penerima zakat banyak, lanjut Kalla, keluarganya selalu mengadakan penerimaan zakat di Mesjid. "Mending memang lewat masjid kami laksanakan seperti itu sampai 50 tahun. Mereka duduk lalu dibagikan. Masjid juga punya halaman yang luas," cerita Kalla.

Dalam kesempatan itu Kalla juga menyatakan bela sungkawa kepada para keluarga korban. "Saya juga mendoakan keluarga korban. Itu mereka terlalu tergesa-gesa di bulan puasa. Mudah-mudahan diberi jalan yang terbaik," tandas Ketua Umum Partai Golkar ini.
(nik/iy)