DetikNews
Senin 28 Juli 2008, 04:56 WIB

Pelajar Indonesia Raih Emas di Olimpiade Fisika Internasional

- detikNews
Jakarta - Prestasi gemilang kembali diukir pelajar Indonesia. Kali ini, 2 medali emas yang diraih pelajar Tanah Air menjadi penanda kedudukan mereka sebagai juara dalam Olimpiade Fisika Internasional.

Selain 2 medali emas, tim ini juga meraih 2 medali perak dan 1 medali perunggu dalam Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) ke-39 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam sejak 20-29 Juli 2008. Olimpiade ini diikuti oleh 82 negara dengan 376 peserta.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (28\/7\/2008), peraih medali emas adalah Kevin Winata dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Rudy Handoko Tanin dari SMA Sutomo 1 Medan.

Dengan perolehan skor 40,73, Kevin telah membawa Indonesia berada di peringkat kedua setelah China. Kevin sebenarnya nyaris meraih penghargaan the best experiment<\/em> dengan skor eksperimen 19,75 dari skor maksimum 20.

Sayangnya, setelah sesi moderasi, salah satu siswa Taiwan mendapatkan poin sedikit lebih tinggi daripada Kevin.

Selain Kevin dan Rudy, 3 siswa Indonesia lainnya juga meraih medali. Mereka adalah Thomas Aquinas Nugraha Budi dari SMAN 78 Jakarta dan Adam Badra Cahaya dari SMAN 1 Jember. Keduanya meraih medali perak. Sedangkan Tyas Kokasih dari SMA Taruna Nusantara Magelang meraih medali perunggu.



(fiq/fiq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed