DetikNews
Jumat 18 April 2008, 08:01 WIB

Gajah Mini Diduga Gajah Jawa yang sudah Punah

- detikNews
Gajah Mini Diduga Gajah Jawa yang sudah Punah
Jakarta - Gajah Jawa belum punah! Itulah yang ditemukan oleh peneliti dari WWF tentang kemungkinan gajah mini adalah gajah jawa yang nyasar<\/em> sampai Kalimantan.

Dalam rilis yang diterima detikcom<\/strong>, Kamis (17\/4\/2008), disebutkan misteri tentang gajah mini alias gajah pygmy mulai terkuak lewat penelitian tahun 2003 lalu.

Universitas Columbia dan WWF meneliti DNA gajah Pygmy pada tahun 2003. Hasilnya, gajah mini secara genetika berbeda dari subspesies gajah di Sumatera atau daratan asia lainnya.

Berdasarkan teori baru ini, baik Borneo maupun  Jawa, adalah daerah asal yang paling memungkinkan bagi gajah Borneo. Tetapi laporan terbaru berjudul "Origins of the Elephants Elephas Maximus L of Borneo<\/em>," yang diterbitkan dalam "Sarawak Museum Journal<\/em>"  bulan ini menunjukkan bahwa tidak ada bukti arkeologis mengenai keberadaan gajah dalam jangka panjang di Borneo, dan memperkuat kemungkinan asal-usul satwa besar ini yang berasal dari Jawa.

Pelacak satelit tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih menyukai habitat hutan dataran rendah yang saat ini semakin banyak ditebang untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit, karet, dan hutan tanaman industri. Kemungkinan asal usulnya yang berasal dari Jawa semakin menjadikan satwa ini sebagai prioritas konservasi.

Apabila gajah pygmy Borneo memang berasal dari Jawa, yang berjarak lebih dari 1.200 km, bisa dikatakan peristiwa perpindahan satwa ini merupakan translokasi gajah pertama dalam sejarah yang dapat bertahan hingga ke zaman modern seperti sekarang. Temuan ini memberikan catatan dan data penting bagi para ilmuwan sekaligus sebagai hasil eksperimen yang telah berlangsung berabad-abad lamanya.



(gah/rdf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed