DetikNews
Sabtu 22 Desember 2007, 19:31 WIB

Suko Sudarso: Tidak Logis Saya Bertemu Adelin Lis di Cikeas

- detikNews
Jakarta - Suko Sudarso membantah tudingan Gus Dur bahwa ia pernah menerima Adelin Lis di
kediaman pribadi Presiden SBY. Ia bahkan sama sekali tidak mengenal bekas terdakwa kasus pembalakan liar dan buronan kasus pencucian uang itu.

Bantahan di atas disampaikan Syahrial Nasution --anak angkat Suko Sudarso-- kepada detikcom dalam pembicaraan telepon, Sabtu (22\/12\/2007) petang.

"Logikanya saja, apakah mungkin saya bisa meminjam rumah Pak SBY yang presiden itu? Saya sendiri tidak mengenal Adelin Lis, kok bisa-bisanya ada pertemuan dengan dia. Jadi secara logika tidak mungkin saya mengadakan pertemuan dengan Adelin Lis, apa lagi pertemuannya di Cikeas," ujar Syahrial mengutip pernyataan Suko yang dipercayakan padanya untuk disampaikan menjawab konfirmasi wartawan.

Syahrial mengakui bahwa ia dan Suko Sudarso pernah aktif dalam tim sukses SBY saat pilpres 2004. Bersama Choirul Anam (eks. Ketua DPW PKB Jatim, kini Ketum DPP PKNU) dan Syaifulloh Yusuf (mantan Sekjen PKB, kini komisaris BRI), tugas mereka berempat kala itu mengadakan pendekatan ke para kyai khos di daerah Tapal Kuda (Banyuwangi, Situbondo dan sekitar) yang merupakan kantong NU.

Menurut Syahrial hubungan politik antara Suko Sudarso dengan SBY tidak berlanjut ke jenjang yang lebih jauh. Meski demikian hubungan secara pribadi antara keduanya tetap berlangsung baik.

"Hubungan pribadi masih baik. Tetapi untuk urusan politik, masing-masing punya
pilihan sendiri," ujarnya tanpa bersedia menjelaskan penyebab putusnya kongsi Suko Sudarso-SBY.

Nama Suko Sudarso mulai muncul di media massa terkait keterlibatannya dalam korupsi kasus Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bulog (Yanatera) pada 2000 silam. Kasus yang kemudia di kenal dengan sebutan Buloggate itulah yang menggulingkan Gus Dur dari kursi RI 1 pada 2001.



(lh/bal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed