detikNews
2019/12/03 23:58:37 WIB

Laporan dari Madrid

RI Tangkap Peluang Karbon Biru dalam Upaya Menekan Emisi

Mei Amelia R - detikNews
Halaman 1 dari 2
RI Tangkap Peluang Karbon Biru dalam Upaya Menekan Emisi Pulau Baer di Tual, Maluku (Mustiana Lestari/Didik Dwi Haryanto)
Madrid - Konvensi perubahan iklim (UNFCCC-COP25) mengangkat tema 'blue carbon' dalam upaya mengurangi emisi udara. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari 80 persen lautan mulai menangkap peluang karbon biru (blue carbon) tersebut dalam upaya mencapai ambisi nationally determine contribution (NDC) sebanyak 29 persen.

"Saya pikir ini opportunity baru. Kalau bicara blue carbon atau blue COP seperti sekarang--selama ini kita agak fokus pada mitigation action--agak kurang di bidang adaptation action, sekarang kita mulai bergerak ke dua-duanya," jelas Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang juga Ketua Tim Delegasi RI Alue Dohong di Paviliun Indonesia, Madrid, Spanyol, Selasa (3/12/2019).


Alue menyebut RI harus memperkuat daya tahan untuk mengadaptasi perubahan iklim. "Laut, terutama mangrove dan padang lamun kita, terutama kalau kita lakukan restorasi dan peningkatan tutupan mangrove dan sebagainya itu memperkuat adaptasi kita akan perubahan iklim akibat dari peningkatan permukaan laut," jelas Alue.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue DohongWakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong (Mei Amelia/detikcom)

Blue COP menjadi salah satu agenda yang akan dibahas dalam konvensi perubahan iklim ke-25 kali ini. Karena itu, Indonesia perlu memperkuat scientific base terkait blue carbon.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com