detikNews
2019/12/03 23:47:16 WIB

KPK Cecar 6 Eks Pejabat soal Pengadaan Minyak Mentah-Produksi Kilang di PES

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPK Cecar 6 Eks Pejabat soal Pengadaan Minyak Mentah-Produksi Kilang di PES Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa enam mantan pejabat Pertamina Energy Services Pte Ltd (PES). Lewat para saksi, KPK mencari tahu soal proses perdagangan minyak mentah dan produk kilang yang dilakukan oleh PES dan Pertamina Energy Tranding Ltd (Petral).

"Penyidik masih mendalami keterangan para saksi terkait proses perdagangan minyak mentah dan produk kilang yang dilakukan PES dan Petral selama tersangka BI (Bambang Irianto) menjabat," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Febri mengatakan KPK akan berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan pengusutan kasus tersebut. Menurut Febri, dalam kasus ini KPK perlu melakukan pencarian bukti-bukti di berbagai negara.
"Kami pasti akan berupaya secara maksimal untuk menangani setiap perkara yang ada. Tapi mungkin akan berbeda ya perkara yang ditangani jika buktinya hanya ada di Indonesia dengan perkara yang perlu melakukan pencarian bukti di beberapa negara di dunia. Apalagi negara-negara yang masuk kategori tax haven countries atau (British) Overseas Territories sehingga ada perbedaan aturan hukum dan kerahasiaan perbankan yang ada di sana, itu pasti lebih tidak mudah. Tapi kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menangani perkara tersebut," sebutnya.

Keenam mantan pejabat PES itu diperiksa untuk tersangka Bambang Irianto. Identitas keenam saksi itu yakni:

- Agus Bachtiar selaku mantan Head of Trading Pertamina Energy Services Pte. Ltd (PES)
- Mulyono selaku mantan Senior Trade Light Distillates PES, yang juga menjabat sebagai Staf Utama pada Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero)
- Edward Corne selaku mantan Junior Trade Light Distillates PES, yang juga menjabat sebagai Analyst Light Distillates Trading Intergrated Supply Chain PT Pertamina (Persero)
- Nurdin M Prayitno selaku mantan Senior Trade Crude PES
- Retno Wahyuningsih selaku mantan Trader Distillates PES, yang juga menjabat sebagai Assistant Manager Petrochemical Fungsi Marketing and Tranding PT Pertamina
- Sani Dinar Saifuddin selaku mantan Crude Oil Trader PES, yang juga menjabat Staf Utama Integrated Supply Chain PT Pertamina
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com