detikNews
2019/12/03 13:32:48 WIB

Kini Bangga, Begini Momen Prabowo Dulu Kritik Alutsista Indonesia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Kini Bangga, Begini Momen Prabowo Dulu Kritik Alutsista Indonesia Foto: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau pameran alutsista di Kemhan, Jakarta Pusat (Agung Pambudhy)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kini mengaku bangga dengan alutsista (alat utama sistem senjata) Indonesia. Dulu, Prabowo pernah menyinggung soal kelemahan sistem alusista.

Sebagaimana diketahui, dulu pada saat Pilpres Prabowo kerap mengkritik sistem alutsista Indonesia. Dia bahkan pernah mengatakan Indonesia hanya mampu bertahan selama tiga hari misalkan menghadapi perang.

"Menhan sendiri mengatakan kalau terjadi perang di Republik Indonesia, kita hanya bisa perang tiga hari," kata Prabowo di hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).


Saat itu, Prabowo sempat berkelakar Ryamizard juga akan direshuffle Presiden Jokowi atas data tersebut. Menurut Prabowo, Ryamizard memang orang yang bicara apa adanya.

Dia mengklaim Indonesia kehilangan kekayaan senilai Rp 3.000 triliun per tahun. Maka itu, menurutnya Indonesia perlu membela diri dengan sistem alutsista yang kuat.

"Bukan kita mau sok jagoan, kita mau membela diri. Kita butuh angkatan laut yang kuat untuk jaga kekayaan kita yang hilang Rp 3.000 triliun tiap tahun," jelasnya.

"Bagaimana kita mau kejar itu kapal-kapal yang curi ikan-ikan kita? Luas kita ini 28 negara Eropa. Tapi sudah kita nggak usah mengungkapkan yang gitu-gitu. Kalau kita mau sejahtera, kita harus kuat untuk menjaga kekayaan," lanjutnya.

Simak Video "Jokowi: Kurangi Ketergantungan Impor Alutsista"




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com