detikNews
2019/11/22 10:02:42 WIB

Profil Staf Khusus Presiden

Belva Devara: Lulusan Harvard-Stanford, CEO Ruang Guru, Kini Stafsus Jokowi

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Belva Devara: Lulusan Harvard-Stanford, CEO Ruang Guru, Kini Stafsus Jokowi Belva Devara (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) memilih 7 staf khusus presiden dari kalangan milenial, salah satunya adalah pendiri startup Ruang Guru yaitu Adamas Belva Syah Devara. Di usia yang belum genap 30 tahun, pria yang akrab disapa Belva ini telah memiliki kiprah yang bikin berdecak kagum.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini menempuh pendidikan di SMP Al Azhar 4 Jakarta dan melanjutkannya ke SMA Presiden serta mendapatkan beasiswa penuh sepanjang studi. Dia melanjutkan pendidikan tinggi ke Nanyang Technological University, Singapura. Belva menempuh gelar ganda (double degree) Bisnis dan Ilmu Komputer. Dia juga mendapatkan beasiswa penuh untuk studi di Nanyang.



Sebagaimana dilansir dari profil Linkedin-nya, Belva sempat magang di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada 2011, kurang dari setahun. Selanjutnya dia bekerja sebagai konsultan di McKinsey & Company pada 2011-2013.

Jokowi kenalkan staf khusus presiden / Jokowi kenalkan staf khusus presiden / Foto: Andhika Prasetya/detikcom


Belva kemudian melanjutkan pendidikannya di Stanford University, California, AS, pada 2013-2015. Dia menyabet gelar MBA (Master of Business Administration). Sekalian, dia juga menyabet gelar MPA (Master of Public Administration) dari Harvard University pada 2014-2016. Dia juga terdaftar (cross-registered) di Department of Urban Studies and Planning, Massachusetts Institute of Technology, pada 2015.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com