detikNews
2019/11/19 08:15:22 WIB

Aset First Travel Dirampas Negara, Bagaimana Pencucian Rp 1,2 T Abu Tours?

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Aset First Travel Dirampas Negara, Bagaimana Pencucian Rp 1,2 T Abu Tours? Anniesa Hasibuan (dok.pri)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) merampas aset First Travel untuk negara, padahal aset itu dibeli dari uang jemaah. Kasus penipuan dan pencucian uang jemaah juga dilakukan Hamzah Mamba lewat bendera Abu Tours di Makassar. Bagaimana penanganan aset Abu Tours?

Berdasarkan catatan detikcom, Selasa (19/11/2019), Hamzah Mamba awalnya penjual es keliling di Makassar pada 2004. Seiring waktu nasib Hamzah Mamba berubah. Hamzah Mamba bisa membangun imperium bisnis travel umrah. Pundi-pundi Abu Tours membengkak hingga triliunan rupiah.

Hamzah Mamba tidak bisa menahan godaan dan melarikan uang jemaah untuk bisnis pribadinya. Ia putar uang triliunan rupiah jemaah membangun restoran hingga media massa, termasuk untuk membeli aset pribadi.

Pencucian uang itu membuat bisnis Hamzah Mamba satu persatu runtuh. Puluhan jemaah umrah tidak bisa diberangkatkan. Hamzah Mamba diminta mempertanggungjawabkan perbuatannya di kursi pesakitan.

Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Pengadilan Tinggi (PT) Makassar dan MA akhirnya menghukum Hamzah Mamba selama 20 tahun penjara. Bagaimana asetnya?


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com