detikNews
2019/11/18 21:02:37 WIB

Lagi, Sukmawati Dipolisikan karena Pidato Bandingkan Nabi-Sukarno

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Lagi, Sukmawati Dipolisikan karena Pidato Bandingkan Nabi-Sukarno Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Sukmawati Soekarnoputri kembali dilaporkan ke polisi terkait ucapannya yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan presiden pertama RI Sukarno. Kali ini, seorang warga bernama Irvan Noviandana melaporkan putri sang proklamator itu ke polisi.

"Saya pribadi sebagai muslim, saya sangat tersinggung," kata Irvan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Irvan mengatakan dirinya mengetahui ucapan Sukmawati pertama kali di media massa sebelum kasus itu viral. Dia sudah menyaksikan dengan saksama video Sukmawati yang berdurasi 30 menit tersebut.

"Kita simak semuanya memang pernyataannya banyak sekali, bukan hanya tentang Nabi juga bandingkan Alquran dengan Pancasila dan sebagainya," ungkap Irvan.

Irvan mengaku merasa dirugikan karena Nabi Muhammad disebutnya direndahkan dengan perkataan Sukmawati. Menurutnya, Sukmawati tidak pantas membandingkan Nabi dengan orang lain meskipun itu dengan orang tua sendiri.

"Saya sebagai pribadi, seorang muslim merasa nabi saya, junjungan saya yang mengenalkan saya kepada Allah itu direndahkan," kaya Irvan.

"Jadi gini, orang tua saya paling berjasa di hidup saya, ibu. Tapi pantes nggak, 'siapa yang lebih berjasa antara ibu saya atau Nabi?' Pernyataan itu saja sudah nggak pantes, apalagi Nabi coba dibandingkan jasanya dengan Sukarno. Sukarno manusia biasa, ya punya jasa dan kesalahannya," sambungnya.

Dia menilai ucapan Sukmawati seolah-olah menggiring pemikiran masyarakat bahwa adanya radikalisme hingga kekerasan bersumber dari Islam. Dia juga enggan berdamai dengan Sukmawati meskipun Sukmawati meminta maaf terkait pernyataan itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com