detikNews
Senin 18 November 2019, 16:05 WIB

Digifish 2019 Digelar 3 Desember, Dukung Inovasi Digital Kelautan-Perikanan

Tim detikcom - detikNews
Digifish 2019 Digelar 3 Desember, Dukung Inovasi Digital Kelautan-Perikanan Foto: Digifest 2019
Jakarta - Digifish 2019 akan digelar 3 Desember 2019 mendatang. Event yang menampilkan inovasi digital di bidang kelautan dan perikanan ini diharapkan makin meningkatkan daya saing Indonesia.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Selasa 3 Desember 2019 di Ballroom Gedung Mina Bahari 3, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat. Tahun ini Digifest 2019 digelar Minapoli bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB-KKP) dan Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (HA-FPIK IPB).

Digifish 2019 mengusung tema 'Incubating Ecosystem of Digital Innovation'. CEO Minapoli--penyelenggara Digifish 2019--Rully Setya Purnama mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menginkubasi lahirnya ekosistem inovasi digital kelautan dan perikanan sehingga inovasi yang muncul mulai dari perguruan tinggi dapat terkonversi hingga dapat digunakan oleh pelaku industri.

Melalui ekosistem tersebut nantinya, lanjut Rully, mendorong dan menjembatani hadirnya inovasi yang dapat menjadi alternatif solusi atas tantangan yang ada saat ini dan berkembang ke depan di bidang kelautan dan perikanan. Selain itu dia juga berharap dapat tercipta jalinan sinergi yang lebih baik yang mendukung akselerasi industri kelautan dan perikanan.

Digifish 2019 Digelar 3 Desember, Dukung Inovasi Digital Kelautan-PerikananFoto: Digifest 2019

"Event ini sudah menjadi agenda tahunan Minapoli. Karena event ini merupakan salah satu bentuk kepedulian, sumbangsih dan komitmen kami dalam mendukung perkembangan industri kelautan dan perikanan khususnya melalui ekosistem inovasi digital," ujar Rully dalam keterangannya, Senin (18/11/2019).

[Gambas:Instagram]


Rully yang juga merupakan Ketua Divisi Startup HA-FPIK IPB ini, menyampaikan bahwa Digifish 2019 akan melibatkan lebih banyak lagi komponen stakeholders antara lain perguruan tinggi, startup accelerator dan investor. Ini akan melengkapi ekosistem inovasi yang sebelumnya sudah melibatkan startup, pemerintah dan pelaku industri saat Digifish 2018 lalu.

Rangkaian event Digifish 2019 akan terdiri dari conference, startup showcase, innovation expo hingga networking session. Total ada 18 pembicara yang akan ikut serta meramaikan event ini dari dalam dan luar negeri mulai dari KKP, Bappenas, startup accelerator dari Norwegia, Venture Capital, startup, perguruan tinggi hingga Asosiasi Petambak Muda Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo dijadwalkan menjadi Keynote Speaker pada event ini.

Digifish 2019 ditargetkan dihadiri lebih dari 180 peserta, mulai dari para pembudidaya ikan/udang sebagai pengguna inovasi, startup/pelaku inovasi, supplier sarana dan prasaran produksi perikanan, perguruan tinggi, startup, hingga asosiasi perikanan. Pembicara yang dijadwalkan hadir di antaranya Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto, Direktur Kelautan dan Perikanan Bappenas Sri Yanti, Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Coco Kokarkin, Petambak Muda Indonesia (PMI) Cynthia Darmawan, dan lain-lain.
(hri/hri)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com