detikNews
Senin 18 November 2019, 13:39 WIB

Mendikbud soal Pentingnya Pendidikan Usia Dini: PAUD Bukan Penitipan Anak

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Mendikbud soal Pentingnya Pendidikan Usia Dini: PAUD Bukan Penitipan Anak Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Nadiem Makarim menyoroti pembentukan karakter anak dari usia dini melalui PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ingin agar PAUD membentuk anak-anak negeri ini menjadi pribadi yang berkarakter sejak dini.

"Sering sekali PAUD-PAUD ini mengira institusinya hanya penitipan anak. Padahal pendidikan usia dini itu penting... Adalah bagaimana kita belajar dari bermain," ucap Nadiem di Balai Kartini, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).
Bagi Nadiem, anak-anak di usia PAUD lebih penting untuk mendapatkan kebebasan berekspresi serta berinteraksi dengan anak lain dibandingkan mengenal sistem baca-tulis-hitung. Pendekatan agar anak-anak bahagia di tingkat PAUD menurut Nadiem lebih penting.

"Itulah yang sebenarnya membentuk murid ini. Cara berkolaborasi, cara menemukan kreativitas... Dan dia jadi cinta sekolah, cinta belajar. Yang penting itu bukan... Oh harus cepat menghitung, cepat nulis, cepat membaca. Bukan. Itu bukan yang terpenting," kata Nadiem.

"Yang terpenting adalah kesenangan itu. Murid berpartisipasi di dalam aktivitas-aktivitas sekolah, bermain sesama murid, dan mengetahui bagaimana harus bersikap dengan anak-anak lain-lain, juga dengan orang dewasa," imbuh Nadiem.
Bilamana anak-anak sedari dini tidak mengetahui tentang interaksi semacam itu, Nadiem khawatir anak-anak akan kesulitan saat menuju jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar atau SD. Untuk itu Nadiem lebih menekankan agar anak-anak mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan.

"Tapi kalau pendidikan karakter dia, kalau behavior dia, perilaku dia belum terdisiplin. Dia belum bisa beradaptasi dengan lingkungan teman-teman di sekelasnya maupun berinteraksi dengan orang tua, dia akan kesusahan belajar. Jadinya Kalau kita sudah benarkan karakter itu pada usia dini, belajar di sekolah tuh jadi mudah," kata Nadiem.



Simak juga video Mendikbud Nadiem Disambut Tangis Keluarga Korban SDN yang Ambruk:

[Gambas:Video 20detik]





(dhn/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com