detikNews
Jumat 15 November 2019, 10:57 WIB

Dipanggil KPK, Sekjen DPR Isi Acara Pembekalan Badan Keahlian

Mochamad Zhacky - detikNews
Dipanggil KPK, Sekjen DPR Isi Acara Pembekalan Badan Keahlian Sekjen DPR Indra Iskandar saat menjadi pembicara di acara pembekalan Badan Keahlian. (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Sekjen DPR RI Indra Iskandar dipanggil KPK untuk menjadi saksi kasus dugaan korupsi impor bawang putih. Indra masih terlihat di kompleks MPR/DPR.

Pantauan detikcom di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2019), pukul 10.35 WIB, Indra terlihat memberikan sambutan dalam sebuah acara yang digelar di ruang Abdul Muis. Dia menjadi pembicara dalam acara pembekalan Badan Keahlian DPR.



Indra dipanggil KPK untuk menjadi saksi atas tersangka anggota DPR I Nyoman Dhamantra. Nyoman ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga menerima suap dari Chandry Suanda (Afung) (pemilik PT Cahaya Sakti Agro), Doddy Wahyudi berprofesi swasta, dan Zulfikar berprofesi swasta.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IYD (I Nyoman Dhamantra)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (15/11).

KPK menduga aksi Dhamantra ini dibantu oleh orang kepercayaannya, yaitu Mirawati Basri serta Elviyanto dari pihak swasta. Baik pemberi suap dan orang kepercayaan Dhamantra juga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.



Dalam kasus ini, KPK menduga Dhamantra meminta fee Rp 3,6 miliar dan Rp 1.700-1.800 per kilogram lewat Mirawati untuk mengurus izin kuota 20 ton bawang putih. Suap itu diduga berasal dari Chandry dan Doddy.

Hingga pukul 10.50 WIB, acara pembekalan Badan Keahlian DPR masih berlangsung.




Tonton juga video Dirut PTPN X Diperiksa KPK, Ditanya soal Tupoksi di Perusahaan:

[Gambas:Video 20detik]




(zak/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com