detikNews
2019/11/14 12:18:29 WIB

Selesaikan Polemik Penolakan Ritual Piodalan, Menag Kirim Tim ke Bantul

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Selesaikan Polemik Penolakan Ritual Piodalan, Menag Kirim Tim ke Bantul Foto: Fachrul Razi usai rapat di DPR (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan mengklarifikasi terkait adanya kabar penolakan terhadap kegiatan doa leluhur atau wafatnya Ki Ageng Mangir atau ritual Piodalan diBantul,DIY.Fachrul mengatakan akan menerjunkantimnya untuk menyelesaikan persoalan itu.
"Saya pasti akan tanya, apa alasannya, akan kita kirim tim untuk nanya, mencoba menengahi. Pasti ada upaya," kata Fachrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).
Fachrul mengatakan pihaknya akan mencoba menjembatani persoalan-persoalan terkait keagamaan dan kepercayaan di Indonesia. Musyawarah mufakat, kata dia, akan menjadi cara penyelesaian yang diutamakan ya.
"Semua kan mencoba lah, mencoba menjembatani satu per satu case by case kan saya bilang. Jangan kita bilang jaminan, jaminan pasti bisa enggak, semua kan kita musyawarah. Itu akan saya lakukan pasti," tuturnya.
Sebelumnya, sejumlah warga menghentikan acara doa leluhur atau wafatnya Ki Ageng Mangir atau ritual Piodalan di Dusun Mangir Lor, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Hal itu karena acara tidak mengantongi izin dari pihak terkait.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com