detikNews
2019/11/09 05:34:00 WIB

Round-Up

Firli Dapat Promosi Sebelum Pimpin Lembaga Antikorupsi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Firli Dapat Promosi Sebelum Pimpin Lembaga Antikorupsi Ketua KPK terpilih Firli Bahuri (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Firli Bahuri tengah menghitung hari untuk kemudian resmi menjadi Ketua KPK. Sembari menunggu jenderal polisi itu mendapatkan promosi jabatan dan segera menyandang bintang tiga.

Langkah Firli meniti lantai 11 Gedung Merah Putih tidak mulus. Catatan dugaan pelanggaran etik menyelimuti meski ditepis mentah-mentah oleh Firli.

Firli pernah bertugas di KPK sebagai Deputi Penindakan. KPK menyatakan Firli pernah melakukan berbagai pertemuan yang berujung pada pelanggaran kode etik berat.

"Ada dari 5 pimpinan bicara Pak Saut ada, Ibu Basaria, Pak Laode, Pak Alex, Pak Agus juga. Saya sendiri menghadapi 5 pimpinan tidak ada satu pun pimpinan mengatakan saya melanggar. Saya diperingatkan, iya," ujar Firli saat fit and proper test capim KPK di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).
Pada akhirnya DPR tetap memilih Firli sebagai Ketua KPK baru. Sedangkan 4 pimpinan lainnya adalah Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar. Bahkan Firli mendapatkan suara bulat di Komisi III DPR yaitu 56 suara.

Pengukuhan Firli dan 4 pimpinan KPK lainnya sebagai yang terpilih diketok pimpinan rapat paripurna saat itu, Fahri Hamzah. DPR pun menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan (capim) KPK periode 2019-2023.

"Apakah laporan Ketua Komisi III tentang uji kelayakan dan kepatutan pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023 dapat kita setujui?" kata pimpinan rapat paripurna Fahri Hamzah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com