detikNews
Jumat 08 November 2019, 20:25 WIB

Anies: NasDem Akan Jadi Motor Penjaga Persatuan Indonesia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies: NasDem Akan Jadi Motor Penjaga Persatuan Indonesia Anies Baswedan. (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Indonesia menjadi negara yang unik karena bisa menjaga persatuan. Dia yakin NasDem salah satu parpol yang turut andil dalam bernegara bisa menjadi motor penjaga persatuan RI.

Anies menyampaikan hal itu dalam kongres NasDem di Jiexpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Anies mendapat kesempatan naik ke mimbar untuk menyampaikan pidato. Anies dalam kesempatan itu bicara soal keberagaman Indonesia.



"11 Hari yang lalu kita di Jakarta memperingati Hari Sumpah Pemuda. Ketika kongres NasDem diputuskan di Jakarta maka ini mengingatkan pada kita di sini hadir peserta kongres dari seluruh Indonesia. Di kota ini lah simpul persatuan Indonesia ditalieratkan untuk pertama kalinya," kata Anies.

"Di kota Jakarta inilah yang pada masa itu belum disebut kota Jakarta, disebut sebagai Negeri Jakarta, karena kita belum memiliki satu bangsa, satu tanah air, seperti yang dikatakan dalam kongres pada saat itu." imbuhnya.



Anies kemudian mengatakan persatuan hadir di Indonesia meski keberagaman suku dan bahasa lahir di Tanah Air. Dia mengatakan persatuan harus terus dirawat, dan dia yakin, NasDem bisa menjadi motor penjaga persatuan itu.

"Persatuan ini harus dirawat, harus dijaga kita menyadari bangsa kita amat beragam, amat bhineka tapi yang unik Indonesia bukan beragamnya saja, bukan uniknya saja, hebatnya Indonesia dibanding tempat lain, di sini ada keberagaman tapi ada persatuan Indonesia. Itu yang unik dari Indonesia, maka saya percaya partai NasDem yang hari ini kongres kedua kalinya, akan menjadi motor penjaga persatuan Indonesia," tuturnya.


Simak juga video "Anies Bakal Beri Sambutan Pembukaan Kongres NasDem" :

[Gambas:Video 20detik]


(idn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com