detikNews
2019/11/08 13:01:17 WIB

Setuju Ada Jabatan Wakil Panglima, MPR: Tugas TNI Makin Kompleks

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Setuju Ada Jabatan Wakil Panglima, MPR: Tugas TNI Makin Kompleks Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah setuju dengan adanya jabatan wakil panglima TNI. Keberadaan jabatan tersebut, menurutnya, dibutuhkan karena tugas TNI yang makin kompleks dan tidak hanya mengurusi masalah pertahanan negara, tetapi juga memerangi terorisme.

"Kebutuhan kerja institusi TNI itu semakin kompleks. Oleh karena itu, menurut pandangan saya, penting untuk dipertimbangkan dihadirkan wakil panglima TNI," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).


Kebutuhan wakil panglima TNI disebut Basarah juga penting karena TNI terdiri atas matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Basarah juga membandingkan institusi Polri yang dipimpin Kapolri dan Wakapolri, meski tidak terdiri dari tiga matra.

"Institusi Polri saja yang tidak ada tiga matra di dalam institusi Polri ada memiliki Wakapolri. Apalagi TNI yang dia punya tiga matra, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat sehingga, oleh karena itu, pandangan kami perlu dipertimbangkan untuk hadirnya institusi Wakil Panglima TNI," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com